PUSKESMAS TURI

Seri TOGA-Mengkudu

“Mengkudu memiliki nutrisi yang sangat beragam, seperti mineral hingga antioksidan. Hal tersebut membuat mengkudu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari meredakan nyeri sendi hingga menjaga kesehatan jantung.✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

Mengkudu atau buah pace adalah buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Asia Tenggara. Jus atau sari buahnya telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk banyak penyakit. Apa saja manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh, ya?

Secara umum, buah ini mengandung antioksidan kuat yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Misalnya mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan meredakan peradangan.

Kandungan Nutrisi Mengkudu

Mengkudu menjadi salah satu buah yang berguna sebagai obat. Hal ini berkat kandungan nutrisi dalam mengkudu yang bervariasi. Mulai dari akar, batang, kulit, daun, hingga buah pace mengandung berbagai nutrisi di dalamnya.

Namun, banyak masyarakat hanya menggunakan buahnya untuk dijadikan obat herbal. Kebanyakan masyarakat mengolah buah ini menjadi minuman atau jus. Menurut data dari USDA Food Data Central, ada berbagai kandungan dalam 30 mililiter jus mengkudu, seperti:

  • Kalori: 5,1 kkal
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Gula: 1 gram
  • Natrium: 5,1 miligram
  • Vitamin C: 9 miligram

Selain itu, jus buah ini juga mengandung berbagai mineral, seperti:

  • Zat besi
  • Kalsium
  • Potasium
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Sodium
  • Zink
  • Fosfor
  • Selenium

Buah pace juga mengandung antioksidan cukup tinggi yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Berikut jenis antioksidan dalam buahnya:

  • Flavonoid
  • Lignan
  • Iridoid
  • Antrakuinon
  • Kumarin
  • Terpenoid
  • Sterol
  • Asam lemak
  • Polisakarida

Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang bervariasi ini membuat buah pace terkenal akan berbagai manfaat pada kesehatan. Berikut manfaat yang bisa kamu ketahui:

1. Meredakan nyeri sendi

Mengkudu memiliki sifat anti nyeri dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengatasi rasa sakit di persendian. Hal ini terbukti dalam penelitian pada 2018 di jurnal Foods.

Para peneliti mencatat bahwa uji klinis pada manusia telah menunjukkan potensi manfaat jus mengkudu untuk persendian. Termasuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mengkudu lainnya adalah dapat mendukung kesehatan jantung. Buah pace dapat menurunkan lemak darah dan kolesterol, serta mengurangi peradangan, yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian pada 2012 di The Scientific World Journal pun mencatat bahwa pada perokok berat, jus mengkudu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Seperti kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan kadar kolesterol total, serta mengurangi penanda peradangan yang disebut protein C-reaktif.

Pada bukan perokok, jus buah ini juga dipercaya dapat membantu penurunan tekanan darah dan detak jantung. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain vitamin C tingkat tinggi, jus mengkudu mengandung fitokimia dan antioksidan lain yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Tingkat antioksidan yang tinggi dalamnya dapat membantu memodulasi, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

4. Membantu penurunan berat badan

Manfaat lainnya adalah mendukung penurunan berat badan. Jus buah pace juga dapat mendukung penurunan berat badan. Penelitian pada 2017 yang dipublikasikan di jurnal Nutrients mengungkapkan hal ini.

Para peneliti mencatat bahwa pada model hewan, konsumsi jus buah pace memiliki beberapa efek berbeda yang dapat membantu menurunkan berat badan, yaitu:

  • Meningkatkan kadar hormon ghrelin, yang membantu menjaga tubuh tetap merasa kenyang.
  • Mencegah penambahan berat badan.
  • Mengurangi lemak visceral.
  • Menurunkan lemak darah.
  • Meningkatkan penanda kesehatan metabolisme, seperti gula darah dan toleransi insulin.

5. Mencegah kerusakan jaringan akibat merokok

Sebuah penelitian pada 2013 via jurnal Food Science and Nutrition mengatakan, bahwa berbagai kandungan dalamnya mengurangi kerusakan oksidatif pada perokok tembakau aktif. 

Asap tembakau mengandung berbagai bahan kimia yang memicu kerusakan pada tubuh. Dengan asupan antioksidan yang terdapat dalam buah pace menunjukkan adanya penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 46-57 persen.

Meskipun begitu, manfaat ini bukan berarti kamu bisa terus menerus merokok. Sebaiknya hindari terlalu banyak merokok agar terhindar dari berbagai penyakit.

6. Meningkatkan energi

Mengkudu juga memiliki manfaat yang baik bagi para atlet. Antioksidan dalam buah ini mampu mencegah kerusakan pada otot dan jaringan tubuh. Selain itu, mengonsumsi buah pace membuat para atlet akan terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.

Tentunya, manfaat ini akan terasa dengan baik jika dilakukan bersama dengan gaya hidup sehat yang tepat. Contohnya seperti mengonsumsi makanan sehat lainnya dan memenuhi kebutuhan tidur pada malam hari.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Berbagai kandungan antioksidan dalam buah pace membuat buah ini mampu meningkatkan kesehatan otak. Mengonsumsinya bisa membuat kamu terhindar dari penurunan fungsi otak akibat stres, depresi, hingga cemas.

8. Menjaga kesehatan kulit

Jus buah pace mengandung berbagai kandungan yang bersifat analgesik, antioksidan, hingga antiinflamasi. Ketiga sifat tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Jus buah ini juga memiliki asam lemak esensial yang merupakan bahan penyusun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam lemak esensial ini meningkatkan fungsi membran sel sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat.

Saat membran sel bisa berfungsi dengan baik, kulit dapat menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun dengan lebih baik.

Selain itu, ekstrak mengkudu juga bisa membantu untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah dan mengencangkan kulit wajah. 

Sebuah studi pada Journal of Biosciences and Medicines, berhasil melakukan perawatan kulit menggunakan bahan dasar mengkudu kepada 49 wanita. Hasilnya, kekencangan kulit meningkat hingga 42,4 persen.

Selain itu, penggunaan krim wajah dengan ekstrak mengkudu di dalamnya mampu mengurangi kerutan halus di bawah mata, setelah penggunaan rutin selama empat minggu.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Antioksidan pada buah ini mampu meningkatkan kesehatan mata. Dengan begitu, kamu dan anggota keluargamu akan terhindar dari berbagai penyakit mata, seperti katarak.

10. Mengelola tekanan darah

Buah pace mengandung berbagai nutrisi, salah satunya potasium. Kandungan ini mampu membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Lalu, bagaimana cara mengolah buah mengkudu untuk obat darah tinggi? Kamu bisa mengonsumsi ekstrak buah ini dalam bentuk jus atau obat herbal. 

Namun, sebelum mengonsumsi obat herbal yang berasal dari buah pace, pastikan kamu berkonsultasi dengan petugas kesehatan terlebih dahulu. Sebab, mengonsumsi obat herbal yang terbuat dari buah ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi sangat rendah.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Konsumsi Mengkudu

Meskipun mengandung nutrisi yang sangat tinggi, tetapi tidak semua orang bisa menggunakan buah pace sebagai obat herbal. Ada beberapa orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi jus atau buah mengkudu, yaitu:

1. Mengidap gangguan hati

Bagi seseorang yang memiliki riwayat dengan gangguan hati, sebaiknya jangan mengonsumsi mengkudu sembarangan. Pastikan kamu untuk bertanya pada dokter mengenai batasan aman pengonsumsian buah ini, untuk mencegah perburukan kondisi kesehatan.

2. Mengidap gangguan ginjal

Buah ini mengandung potasium yang cukup tinggi. Jika kamu pernah mengalami gangguan ginjal, sebaiknya hindari mengonsumsi buah pace.

3. Anak-anak dan lansia

Sebaiknya anak-anak dan lansia tidak mengonsumsi buah pace secara sembarangan. Sebab, buah ini bisa memicu efek samping seperti mual, perasaan tidak nyaman, hingga gangguan detak jantung. 

4. Ibu hamil

Mengonsumsi buah pace saat hamil berisiko meningkatkan gangguan tumbuh kembang pada janin. Meskipun begitu, penelitian masih perlu untuk memastikan dampak buah pace pada ibu hamil.

5. Sedang menjalani pengobatan tertentu

Seseorang yang tengah menjalankan pengobatan untuk mengatasi penyakit tertentu, sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi buah pace. Dapatkan saran dan informasi dari dokter jika ingin menggunakannya sebagai pengobatan alternatif.

Selain itu, buah mengkudu juga tidak dapat menjadi pengobatan utama untuk keluhan kesehatan yang kamu alami. Jadi, penting untuk tetap berkonsultasi pada dokter jika kamu mengidap penyakit tertentu. 

Soal rasa, buah ini memiliki rasa yang pahit, jadi penting juga untuk mengolahnya dengan benar. Kebanyakan orang mengolah buah ini dengan mencampurkan madu atau buah-buahan lain. Tujuannya untuk membuat rasa manis pada minuman yang akan kamu konsumsi.

Meski begitu, sebaiknya jangan berlebihan saat mengonsumsi buah ini agar kondisi kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari efek samping.