PUSKESMAS TURI

Ini 5 Manfaat Bermain Bersama Anak untuk Tumbuh Kembangnya

“Bermain bersama anak dapat memberikan beberapa manfaat untuk tumbuh kembang anak. Contohnya membuatnya menjadi lebih mandiri hingga mengembangkan kemampuan berbahasanya.

Bermain adalah cara sederhana untuk membuat anak tetap aktif, sehat, dan bahagia. Memilih permainan yang tepat, juga dapat memberikan manfaat pada tumbuh kembangnya. Singkat kata, segala hal yang anak lakukan saat bermain, merupakan bagian dari proses belajar.

Selain itu, bermain bermain anak juga dapat meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak. Lantas, apa saja, sih, manfaat dari bermain bersama anak? Yuk, simak penjelasannya!

Manfaat Bermain Bersama Anak

Secara umum bermain berdampak positif pada kemampuan kognitif, motorik, hingga emosional anak. Nah, berikut beberapa manfaat bermaiin bersama anak yang perlu orang tua ketahui.

1. Membantu anak mengembangkan berbagai kemampuan

Bermain bersama anak menjadi salah satu cara untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan pengendalian diri. Pemikiran anak-anak ibarat spons kecil, mereka menyerap apa pun yang mereka lihat.

Ketika mereka berinteraksi dengan orang tua, mereka akan belajar bagaimana orang berperilaku dalam pengaturan sosial.

Terdapat beberapa kemampuan yang bisa anak kembangkan dengan bermain, antara lain:

  • Kreativitas.
  • Keterampilan motorik kasar.
  • Fleksibilitas kognitif.
  • Regulasi emosi.
  • Keterampilan kepemimpinan.
  • Keterampilan memori.

Karena orang dewasa mengetahui lebih banyak hal, bermain dengan orang orang tua dapat memperluas imajinasi anak-anak ketimbang bermain dengan anak yang sebaya dengan mereka.

2. Membantu membangun hubungan yang kuat

Bermain bersama anak juga merupakan salah satu alat yang paling efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan anak. Bermain menambah kegembiraan, vitalitas, dan ketahanan dalam hubungan. Melalui bermain, anak belajar mempercayai orang lain dan merasa aman.

3. Baik untuk kesehatan orang tua

Sebagai bonusnya orang tua juga mendapatkan manfaat dengan bermain bersama anak. Hormon oksitosin (hormon yang berkaitan dengan cinta atau kasih sayang), akan terlepaskan setiap kali orang tua terlibat dalam permainan penuh kasih sayang dengan anak-anak mereka.

4. Membuat anak menjadi mandiri

Anak-anak sering kali mempunyai sedikit kebebasan berpendapat dalam aktivitas sehari-hari mereka. Mereka menghabiskan sebagian besar hari-harinya untuk mendengarkan apa dan kapan melakukannya, hingga ke mana mereka harus pergi.

Namun, dalam dunia permainan, mereka mempunyai kesempatan untuk menetapkan aturan dan menjadi ‘pihak’ yang berkuasa. Mereka bisa menjadi pemimpin dan orang dewasa bisa menjadi orang yang mendengarkan dan mengambil arahan.

Bermain bersama anak juga mampu mengembangkan rasa kemandirian yang lebih kuat. Selain itu, anak-anak yang nyaman bermain sendirian juga merasa lebih mampu menangani tugas-tugas seorang diri, dan mencari tahu bagaimana mereka bisa menyesuaikan diri.

5. Mengembangkan kosakata dan bahasa

Dalam melakukan permainan berpura-pura dan bentuk lainnya, anak-anak terutama pada usia prasekolah, dapat meningkatkan kemampuan berbahasanya. Kemampuan ini termasuk juga kemampuan berbicara dan pemahaman terhadap kata-kata yang mereka ucapkan.

Itulah manfaat bermain bersama anak, baik untuk anak maupun untuk orang tua. Nah, setelah bermain bersama anak, jangan lupa juga membersihkan tubuh dari keringat dan bakteri supaya terhindar dari penyakit.