PUSKESMAS TURI

Ini Ciri-Ciri TBC pada Anak 2 Tahun yang Kerap Disepelekan

Anak-anak rentan tertular TBC dengan menghirup percikan liur orang yang terinfeksi. Ciri-ciri TBC pada anak usia 2 tahun bisa berupa batuk berkepanjangan, demam, hingga penurunan berat badan.”

Tuberkulosis atau TBC adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Meskipun semua orang bisa terkena penyakit tersebut, anak-anak adalah kelompok yang paling rentan.

Sayangnya, gejala TBC yang biasanya ditandai dengan batuk-batuk, kerap disepelekan orangtua. Padahal anak yang masih kecil berusia 2 tahun sangat rentan mengalami dampak serius akibat penyakit tersebut, karena imunitas tubuh mereka masih belum kuat. Karena itu, penting bagi para orangtua untuk mengetahui ciri-ciri TBC pada anak usia 2 tahun.

Ciri-Ciri TBC pada Anak 2 Tahun

Tuberkulosis (TB) adalahinfeksi berkelanjutan (kronis) yang disebabkan oleh bakteri. Ini biasanya menginfeksi paru-paru. Namun, organ lain seperti ginjal, tulang belakang, atau otak juga mungkin terpengaruh. 

Banyak orang juga bertanya-tanya apa bedanya flek paru-paru dan TBC? Jawabannya sama. Flek paru-paru adalah sebutan lain untuk TBC.

Seorang anak bisa tertular TBC bila tidak sengaja menghirup droplet yang dibatukkan ke udara dari orang yang terinfeksi. Meski begitu, anak bisa terinfeksi bakteri TBC dan tidak memiliki penyakit aktif.

Berikut tahapan TBC yang perlu diketahui:

  • Paparan. Ini terjadi ketika seorang anak sudah melakukan kontak dengan orang yang mengidap TBC. Namun, pada tahap awal ini, anak akan memiliki tes kulit negatif, rontgen dada normal, dan tidak ada gejala.
  • Infeksi TBC laten. Ini terjadi ketika seorang anak memiliki bakteri TBC di dalam tubuhnya, tetapi tidak menunjukkan gejala. Sistem kekebalan tubuh anak yang terinfeksi menyebabkan bakteri TBC menjadi tidak aktif. Bagi kebanyakan orang yang terinfeksi, TB akan laten seumur hidup. Anak ini akan memiliki tes kulit positif tetapi rontgen dada normal. Dia tidak bisa menyebarkan infeksi ke orang lain.
  • Penyakit TBC. Ini adalah ketika seorang anak memiliki tanda dan gejala infeksi aktif. Anak ini akan memiliki tes kulit yang positif dan rontgen dada yang positif. Dia dapat menyebarkan penyakit jika tidak diobati.

Lantas, bagaimana cara mengetahui anak terkena TBC? Gejala TBC sebenarnya bisa berbeda-beda pada tiap anak. Hal itu tergantung usia. Namun, berikut adalah ciri-ciri TBC pada anak kecil usia 2 tahun:

1. Batuk yang berkepanjangan

Batuk memang gejala yang umum dialami anak-anak dan penyebabnya bisa karena berbagai hal. Namun, orang tua sebaiknya waspadai bila batuk Si Kecil berlangsung selama lebih dari dua minggu dan tidak kunjung sembuh. Sebab, hal itu bisa menjadi pertanda adanya infeksi tuberkulosis pada anak. 

Lantas, batuk anak TBC seperti apa? Anak TBC biasanya mengalami batuk berdahak kental berwarna hijau kekuningan. Hal itu menunjukkan adanya infeksi. Jadi, bawa anak ke dokter anak untuk evaluasi lebih lanjut.

2. Penurunan berat badan

Tuberkulosis bisa menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan pada anak berusia 2 tahun. Hal itu karena infeksi yang menyerang tubuh bisa mengganggu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Bila ibu melihat Si Kecil kehilangan berat badan secara drastis tanpa alasan yang jelas, hal ini bisa menjadi tanda kemungkinan adanya TBC. 

3. Demam yang tidak kunjung reda

Demam juga merupakan gejala umum yang terjadi pada anak yang mengidap tuberkulosis. Jika anak mengalami demam lebih dari beberapa minggu dan tidak kunjung reda, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter.

4. Kehilangan nafsu makan

Ciri-ciri TBC pada anak 2 tahun yang juga sering terjadi adalah penurunan nafsu makan. Mereka mungkin menolak makanan yang sebelumnya mereka sukai atau hanya makan dalam jumlah yang sangat sedikit. Bila ibu melihat perubahan drastis dalam pola makan anak, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Pembesaran kelenjar getah bening

Tuberkulosis bisa menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening pada anak. Bila ibu merasakan benjolan atau pembengkakan di leher, ketiak, atau pangkal paha anak, ini mungkin merupakan ciri-ciri TBC pada anak 2 tahun.