PUSKESMAS TURI

10 Makanan dan Minuman untuk Bantu Obati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah salah satu keluhan pada tenggorokan yang terbilang umum. Rasanya, hampir tiap orang pernah mengalami kondisi ini, paling tidak sekali dalam seumur hidupnya. Radang tenggorokan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari tonsillitis, faringitis, atau laringitis. 

Ketiga kondisi merupakan penyakit yang bisa menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Seseorang yang mengalami radang tenggorokan akan mengalami berbagai gejala. Misalnya, nyeri atau gatal pada tenggorokan, sulit menelan, pembengkakan di depan leher, hingga demam.

Rasa sakit dan tidak nyaman ketika menelan kadang membuat pengidap radang tenggorokan sulit untuk makan dan minum. Padahal, tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi untuk mendukung kesembuhan.

Makanan dan Minuman untuk Meredakan Radang Tenggorokan

Bagi kamu yang sedang mengalami radang, terdapat makanan dan minuman yang bisa mempercepat proses penyembuhan. Mau tahu apa saja daftarnya? Berikut ini ulasan selengkapnya. 

1. Air putih

Minum air yang cukup selama radang tenggorokan merupakan salah satu cara termudah untuk meredakan rasa nyeri atau ketidaknyamanan. Selain menjaga kelembapan dan kebersihan tenggorokan, minum air yang cukup juga dapat mencegah dehidrasi dan komplikasi lainnya.

2. Sayur-sayuran

Nilai gizi yang baik dalam sayur-sayuran seperti wortel, kubis, dan kentang membantu mempercepat proses penyembuhan. Masak sayuran dengan baik agar nutrisi dan serat yang diperlukan tubuh tetap terjaga.

3. Sup ayam

Nutrisi dalam sup ayam mengurangi peradangan dan membantu membersihkan saluran napas, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

4. Jus delima

Minuman lainnya yang membantu mengatasi radang tenggorokan adalah jus delima. Studi telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam jus delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadai

5. Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi yang dapat mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Selain mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, tekstur pisang yang lembut membuatnya lebih mudah ditelan, ketimbang buah-buahan lain yang bertekstur keras.

6. Peppermint

Selain menyegarkan pernapasan, kandungan menthol pada peppermint juga bisa membantu meredakan gejala radang tenggorokan dan batuk. Peppermint memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendukung penyembuhan.

7. Madu

Cairan kental nan manis yang berasal dari lebah ini tak hanya cocok dikreasikan menjadi berbagai menu, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Madu memiliki antioksidan yang cukup tinggi, memiliki sifat antibakteri, dan antiinflamasi, yang diyakini efektif melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka. Itulah sebabnya, madu menjadi salah satu asupan baik untuk mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

8. Kunyit dan jahe

Tanaman herbal multifungsi ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang berguna untuk menghilangkan gejala mirip flu, seperti sakit tenggorokan. Kamu bisa mengolah kunyit dan jahe menjadi minuman hangat atau campuran untuk membuat teh panas.

Baca selengkapnya: Catat, Ini 7 Cara Meredakan Radang Tenggorokan Secara Alami

9. Teh chamomile

Zat anti-peradangan, antioksidan dan astringen dalam teh chamomile sangat baik untuk meredakan gejala sakit tenggorokan dan flu. Kandungan teh ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. 

10. Bawang putih

Antibakteri, fungisida, dan sifat antivirus dalam bawang putih sangat baik untuk mengobati gejala faringitis. Penggunaan bawang putih dalam makanan untuk sakit tenggorokan sangat sederhana, misalnya mengunyah atau menghisap aroma selama 15 menit.

Untuk menutupi kepahitan di mulut, campur bawang putih dengan madu atau minyak zaitun. Bisa juga digunakan sebagai campuran untuk jus sayuran. Memakan bawang putih mentah dan sesegera mungkin setelah dihancurkan, dipercaya memiliki efek yang lebih efektif.