KECAMATAN PUCUK

MOTIVASI USAHA BAGI PELAKU UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19

Memberi motivasi bagi pelaku UMKM merupakan deposisi yang sangat penting. Salah satu upaya untk membangkitkan kembali sektor ini agar tetap bertahan, metoda pendekatan dan penyelamatannya adalah dengan memberi alasan mengapa mereka harus bangkit kembali setelah tergempur oleh eskalasi pandemi covid-19 yang menjadikan mereka shock.

Bukan bermaksud ber apologia, bahwa pada sisi kepentingan ekonomi nasional kita, masih sangat memerlukan kehadiran sektor UMKM tumbuh kembali. Pengangguran yang bertambah karena lapangan kerja menyempit sebagai akibat dari banyaknya PHK karena sektor ini tidak kuat bertahan dan banyak gulung tikar, turunnya penerimaan devisa negara dan investasi, serta terjadinya ketidak merataan ekonomi adalah dampak dari anomali tersebab covid-19.

Oleh karena itu, untuk memanfaatkan bangkitnya motivasi "scond wind" pelaku UMKM, kita harus benar benar mempersiapkan kondisi tatanan lingkungan sektor ini yang akan mulai bertumbuh kembali. Memastikan mereka tidak mengalami "up and down" di etape berikutnya, merupakan tugas yg sangat penting.

Penyiapan tatanan baru dimaksudkan pada lingkungan mana UMKM bisa tumbuh subur dengan pemberian fasilitasi, dan perlunya mengambil langkah yang luar biasa atau extra ordinary serta kebijakan strategis lainnya. Sinergitas dan bahu-membahu dengan pihak swasta untk menanggulangi kelesuan ekonomi yang berpengaruh pada peningkatan daya beli masyarakat, merupakan jawaban untuk suatu alasan bagi pelaku UMKM kita mengapa mereka harus bangkit kembali.