Mei

30

 2023

Puspaga La Smart dan Rumah Aman, Langkah Kecil Berdampak Besar





Jawab tantangan permasalahan keluarga kedepan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengukuhkan pengurus tetap Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) LA-SMART, Selasa (30/5), di Halaman Sekertariat dan Rumah Aman Aliansi Perempuan Lamongan, tepatnya di Keluragan Telogorejo, Lamongan. 

Hadirnya puspaga dan rumah aman merupakan langkah kecil Pemerintah Kanupaten Lamongan yang mampu memberikan dampak besar. Pasalnya di puspaga La-Smart menghadirkan berbagai pelayanan mulai dari konseling keluarga, bimbingan calon pengantin, konsultasi parenting, dan konsultasi tumbuh kembang anak. 


“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan langkah kecil yang jika di dijalankan bisa memberikan dampak yang besar, yakni pengukuhan Puspaga La-Smart dan Peresmian Rumah Aman. Saya katakan Ini adalah memulai langkah kecil untuk sebuah dampak besar karena tantangan kita kedepan semakin besar dalam hal ketahanan keluarga,” tutur Bupati Yes.


Keluarga yang menjadi tempat pertama dan utama dalam tumbuh kembang anak, apabila tidak dihadirkan dan dibentuk secara harmonis dan optimal akan menimbulkan berbagai persoalan, mulai dari stunting, perceraian, kekerasan perempuan dan anak, hingga mempengaruhi pola pikir dan tumbuh kembang anak. 


Terlebih, Lamongan persemester 1 ini, menduduki peringkat kedua se-Jawa Timur dalam kasus perceraian, ditambah meningkatnya angka dispensasi pernikahan dini, dan kasus kekerasan pada perempuan dan anak di tahun 2022 yang telah mencapai 83 kasus. Sebagai hadirnya Puspaga La-SMART dan Rumah Aman dinilai potensial dan prefentif untuk mempersiapkan generasi emas 2045.


“Pola hubungan sosial yang sangat berubah yang mengkaibatkan adanya tantangan bersama kedepan selaku intitusi pemerintah, banyak sekali kasus kekerasan pada perempuan dan anak yg dimulai dari miras, dan persoalan lain ekonomi, dan media sosial yang lebih mendominasi tata kehidupan sehari-hari,” imbuh Bupati Yes.


Dihadapan 10 pengurus tetap La Smart yang baru saja dikukuhkan, Bupati Yes menekankan, untuk dapat bekerja secara efektif dan optimal dalam menangani persoalan keluarga.


“Saya minta berjalan efektif tidak hanya formalitas saja, lebih dari itu sebagai puspaga kulitas yang baik yang dilengkapi psikologi, konseling, kita upayakan bersama untuk puspaga ini benar-benar bisa membantu,” ujar Bupati Yes.


Untuk menjangkau masyarakat diseluruh wilayah Lamongan, Bupati Yes berharap, kedepan puspaga dpaat dimasifkan di setiap kecamatan melalui Puskesmas.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES