DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

BUPATI LAMONGAN MEWISUDA 173 PESERTA SEKOLAH ORANG TUA HEBAT


    Bupati Lamongan DR. YUROHNUR EFENDY, MBA, mewisuda peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Angkatan ke II tahun 2022 di ruang Gajah Mada lantai 7 Gedung Pemkab Lamongan.(27/9/2022).

     Wisuda tersebut diikuti oleh 173 peserta dari 7 Kecamatan, yaitu Deket, Laren, Brondong, Modo, Kedungpring, Sukodadi dan Kalitengah. 

     SOTH merupakan program yang digagas BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yang berhasil ditindaklanjuti dan dilaksanakan oleh Dinas PPKB Kab. Lamongan.Tahun ini merupakan angkatan kedua SOTH, sedangkan angkatan pertama pada tahun 2021 telah diwisuda sebanyak 116 orang.


      Dalam sambutannya Bupati Lamongan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat membentuk keluarga yang berkualitas sebagai penerus bangsa.Turut membantu mencegah/mengurangi balita stunting di Kabupaten Lamongan, sehingga nantinya kab Lamongan menjadi zero stunting. Lebih lanjut pak Yes sapaan akrab bupati Lamongan ini mengatakan, wisudawan mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan/menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat sekitarnya, sehingga ke depan bisa terbentuk generasi emas.


    Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM menyebutkan bahwa BKKBN ditunjuk untuk memimpin percepatan penurunan stunting. Oleh sebab itu BKKBN menggagas SOTH sebagai salah satu solusi untuk percepatan penurunan stunting. "Saya optimis tidak ada lagi bayi terlahir stunting baru di Kabupaten Lamongan" ujarnya.

    Menurutnya, SOTH merupakan program unggulan yang digagas oleh BKKBN Jawa Timur untuk mencetak orang tua cerdas dan terampil dalam mengasuh anak. "Lamongan merupakan kabupaten pertama di Jawa Timur yang mewisuda SOTH angkatan ke dua", tambahnya.

Hadir dalam wisuda tersebut, Sekretaris Daerah, Drs.Moch.Nalikan, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Lamongan Anis Kartika Yurohnur dan segenap organisasi perangkat daerah lainnya.