4 Tips Sehat Saat Anda Memilih Daging

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 30 Agustus 2021

Meskipun harganya relatif mahal, tetapi daging sapi masih banyak diburu dan diolah menjadi makanan primadona hampir semua orang.

Masih banyak yang merasa tertipu ketika membeli daging sapi baik di pasar atau di supermarket, hal ini disebabkan karena memilih daging memang bukanlah sebuah perkara yang mudah

Sebenarnya ada beberapa tips yang harus dilakukan ketika membeli atau memilih daging sapi. Tips ini sangat bermanfaat sekali terlebih lagi bagi sobat yang masih awam. Lantas seperti apa tips memilih daging sapi yang masih segar dan sehat?

Berikut ini 4 (empat) tips sehat saat memilih daging, yakni :


Perhatikan warna daging

Daging sapi yang memiliki kualitas baik adalah yang masih berwarna kemerahan dan tampak segar


Pegang tekstur daging sapi

Pilih daging sapi yang memiliki tekstur kenyal. Coba tekan beberapa bagian dari daging yang akan dibeli, jika daging kembali ke posisi semula setelah ditekan, maka artinya daging tersebut masih segar dan baru.


Cium aroma yang keluar dari daging

Daging sapi yang kualitasnya baik biasanya memiliki aroma yang segar khas sapi. Sedangkan daging yang sudah mulai membusuk biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau tercium sedikit asam.


Pertimbangkan lokasi pembelian daging

Pastikan tempat membeli daging sapi bersih dan tidak berbau menyengat. Kemudian, sebaiknya pilih daging sapi yang juga diletakkan di tempat yang bersih dan bersuhu dingin. Hindari membeli daging sapi yang sudah dihinggapi lalat atau diletakkan di tempat yang kotor.