Kandungan Gizi dalam Telur

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 24 Agustus 2021

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang umum ditemui di pasar. Saking mudah ditemui, ragam olahan telur sangat banyak. Tak hanya jenis olahan yang sangat banyak, telur juga sering dijadikan bahan campuran berbagai jenis masakan lain. Cara masak telur pun sangat sederhana. Mulai dari dengan merebus, menggoreng, memanggang, atau bahkan dibuat orak-arik.

Beragam olahan telur membuat bahan pangan ini susah untuk tidak disukai. Tak hanya karena mudah diolah, banyak orang menyukai telur karena bahan makanan ini padat nutrisi. 

Ya, telur memiliki kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah yang tinggi. Telur juga merupakan sumber protein dan kolin yang baik bagi tubuh.

Lebih lengkapnya, begini kandungan gizi dalam satu butir atau sekitar 50 gram telur ayam rebus

Protein

Satu butir telur rebus mengandung 6,29 gram protein, sehingga dapat memenuhi 11% kebutuhan protein harian pria dan 14% kebutuhan protein harian wanita.

Vitamin & Mineral

Telur mengandung hampir semua vitamin yang diperlukan untuk manusia, kecuali vitamin C. Satu telur dapat mengandung vitamin A sebanyak 12% dan vitamin D lebih besar dari 6% serta kandungan zat besi yang baik untuk tubuh.

Lemak

Lemak adalah komponen utama kuning telur, yakni sekitar 60% dari seluruh kuning telur.

Karbohidrat 

Melansir dari Healthline, telur merupakan makanan yang cukup rendah kalori. Satu butir telur rebus menyediakan 77 kalori dan sedikit karbohidrat. Dikutip dari Verywell Fit, karbohidrat dalam satu butir telur bahkan kurang dari 1 gram. Bahan makanan ini memang memiliki sedikit gula dan tanpa serat.