Monitoring Pemanfaatan alat pengolahan pakan dan produksi pakan silase kelompok penerima kegiatan Pengembangan Unit Olahan Pakan Silase Tahun 2023.

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 31 Oktober 2023

Dalam rangka pendampingan serta menjaga konsistensi kelompok ternak dalam usaha pengolahan pakan, DIsnakeswan Lamongan melalui Bidang Budidaya melaksanakan monitoring pemanfaatan alat pengolahan pakan dan produksi pakan silase kelompok penerima kegiatan pengembangan unit olahan pakan silase tahun 2023.

Kagiatan ini bertujuan untuk Tercapainya kemandirian kelompok dalam pemenuhan pakan ternak mereka sendiri dan masyarakat sekitarnya dengan jalan pemanfaatan secara maksimal bantuan pembangunan unit Olahan pakan silase (BANK PAKAN), yang mana dilaksanakan di beberapa tempat diantaranya KTT. Sumber Rejeki Ds. Sumbersari Kec. Sambeng, KTT. Thoriqussalam Ds. Lamongrejo Kec. Ngimbang, KTT. Bendo Mulyo Ds. Mojorejo Kec. Modo, yang di hadiri oleh sub-koordinator pakan, setra pengawas mutu pakan Disnakeswan lamongan.

Hasil dari monitoring menunjukkan di KTT. Sumber Rejeki pemanfaatan alat dan pengolahan pakan silase sudah berjalan. Di KTT. Thoriqussalam pemanfaatan alat dan fermentasi pakan sudah dilakukan. Sedangkan di KTT. Bendo Mulyo pemanfaatan alat dan pengolahan pakan silase sudah berjalan serta dilakukan pengambilan sampel silase yang sudah jadi.

Kedepannya, Pendampingan dan pembinaan secara berkelanjutan terhadap kelompok dalam rangka menjaga konsistensi dalam produksi pakan baik untuk kelompok mereka sendiri maupun pengembangan menjadi cabang usaha kelompok.