Mei

31

 2022

Berkomitmen Turunkan Angka Stunting 14%, Pemkab Lamongan Libatkan Bunda Genre

 diskominfo
 1226
 31-Mei-2022


Berkomitmen menurunkan dan berantas stunting, Pemkab Lamongan melakukan kolaborasi bersama semua elemen, salah satunya bunda genre tingkat kecamatan, yakni isteri camat yang bertugas mendampingi percepatan penurunan stunting.  Guna memaksimalkan peran bunda genre tingkat kecamatan, bertempat di Aula Gajah Mada lt. 7 gedung Pemkab Lamongan, dilakukan pengukuhan Bunda Genre Tingkat Kecamatan oleh Bunda Genre Kabupaten Anis Kartika Yuhronur Efendi, Selasa (31/5).

Bunda Genre tingkat kecamatan diyakini dapat membantu dalam menuju zero stunting di Lamongan karena memiliki andil dalam menghantarkan remaja di Kabupaten Lamongan untuk menjadi calon orang tua yang cerdas dan sehat sehingga akan melahirkan anak-anak yang berkualitas dan bebas stunting.  

“Melalui Bunda Genre dapat memberikan perhatian dan pembinaan bagi rumah tangga tentang pentingnya 1000 hari kehidupan pertama, pemenuhan gizi seimbang serta perilaku hidup bersih dan sehat, serta memberikan  edukasi kepada remaja dan pasangan usia subur untuk menghindari 4 terlalu diantaranya hamil melahirkan terlalu muda atau tua, terlalu banyak atau sering dan terlaku dekat jaraknya, serta  memberikan dukungan dan pembinaan terhadap tim pendamping keluarga dan semua agen perubahan di Kabupaten Lamongan, dalam upaya percepatan penurunan stunting,” ujar Anis usai mengukuhkan Bunda genre Kecamatan.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatangan komitmen bersama penurunan stunting oleh  Ketua Tim Penggerak PKK Lamongan, Sekretaris Daerah Lamongan, Bappelitbangda Lamongan, Dinas PPKB, Kantor Kementerian Agama, Dinas Kesehatan,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Disperindag, Dinas Sosial, Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Komunikais dan Informatika, Dinas Perikanan, Dinas Catatan Kependuduk dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Rumah Sakit Daerah Dr. Soegiri, Badan Pusat Statistik, Wakil Bupati Lamongan, dan Bupati Lamongan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, yang hadir menyaksikan acara tersebut, menuturkan,  Pemkab Lamongan berkomitmen menurunkan stunting bahkan untuk menuju zero stunting.  Pak yes menekankan pentingnya kolaborasi untuk menuju zero stunting, karena menurut Pak Yes penurunan stunting tidak dapat ditangani melalui satu sektor saja.

"Meneguhkan komitmen menjadi komitmen kita bersama untuk menurunkan stunting bahkan untuk menuju zero stunting. Penanganan stunting tidak bisa ditangani satu sektor saja, ini wujud dari kolaborasi,"  ungkap Pak Yes.

Untuk mencapai angka 14% stunting dari 20% stunting Pak Yes mengharapkan rasa peka untuk para tim yang telah ditunjuk bertugas mendampingi, terutama untuk Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Lamongan.

"Untuk melakukan upaya pastinya akan terus dikembangkan terkait panduan teknis. Diutamakan untuk Dinas PPKB agar lebih peka lagi terhadap calon pengantin dan ibu hamil," harap Pak Yes.

Sementara Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lamongan, Abdul Rouf pada kesempatan tersebut menuturkan, penurunan stunting di Kabupaten Lamongan perlu dilakukan secara holistic yang melibatkan banyak elemen. Karena, holistic dan sinergitas guna mencapai penurunan yang efektif, lancer dan tepat sasaran.

"Kita telah berkomitmen untuk menjadi daerah zero stunting. Kita perlu melakukan banyak upaya untuk mewujudkan hal tersebut, kita melakukan secara holistik karena dalam menangani stunting harus melibatkan banyak elemen. Holistik dan sinergitas guna mencapai percepatan penurunan yang efektif, lancar, dan tepat sasaran," ujar Rouf. 

Lebih lanjut dikatakannya, Upaya Lamongan dalam pemberantasan stunting diawali dengan pembentukan tim pendamping keluarga yang berasal dai tenaga kesehatan, kader PKK dan kader KB sejumlah 1.038 atau 3.108 anggota.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023