Februari

27

 2022

1 Tahun Kepemimpinan Yuhronur – Rouf Pelayanan Publik Maksimal, Kepercayaan Masyarakat Meningkat

 diskominfo
 1172
 27-Februari-2022


Komitmen Bupati Lamongan mewujudkan Kejayaan Lamongan yang berkeadilan benar-benar dibuktikan dengan kerja keras selama 1 tahun pertama kepemimpinan Beliau bersama Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf. Kerja keras tersebut mulai dapat dirasakan masyarakat melalui capaian-capaian  yang terangkum dalam jejak kepemimpinan Yuhronur – Rouf dam satu tahun di  beberapa bidang. 

Dibawah komando Bupati Yuhronur Efendi, kondisi pandemi tidaklah menjadi penghalang bagi kita untuk terus mengabdi dan berprestasi. Terbukti indeks pembangunan manusia (IPM) mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020 yakni 73,12 pada tahun 2021 dan masuk kategori tinggi. Sementara tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan dari tahun 2020 menjadi 4,90 di tahun 2021. Langkah taktis dan kolaborasi stakeholder untuk mendukung kebangkitan UMKM dan optimalisasi potensi unggulan berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi lamongan menjadi 3,43% dari sebelumnya tahun 2020 yang terkontraksi 2,65%.   

Melalui program Young Enterpreneur Succes (YES) dan UMKM Bupati Yuhronur berupaya mewujudkan kemandirian ekonomi  dengan membuka akses seluas-luasnya agar UMKM naik kelas dan memiliki daya saing tinggi.  Untuk membangkitkan semangat UMKM di tengah pandemi Covid 19 Bupati Yuhronur adalah menjaga UMKM dari keterpurukan dengan menggalakkan gerakan Ayo Beli Produk Lamongan dan Ayo Ditumbasi. Bahkan Bupati Yuhronur menjadikan media sosial pribadinya sebagai etalase promosi bagi pruduk UMKM.

Mendukung program tersebut, pemkab telah memberikan fasilitasi perijinan dan legalitas usaha 183 UMKM dan 12 koperasi. Juga telah diberikan bantuan produktif usaha mikro kepada 78.956 pelaku usaha serta bantuan modal usaha kepada 14 wirausaha pemula dan fasilitas KUR senilai 1,8 triliun.

Bidang pariwisata, melalui program pariwisata yang ramah dan terintegrasi (Ramasinta) pemkab berkomitmen dalam mengembangakan pariwisata dan melestarikan budaya, dengan wisata unggulan sport tourism Tlemang yang merupakan Desa Wisata yang terintegrasi dengan seni dan budaya.

Dalah rangka mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing dan responsif, pemkab telah melakukan percepatan penanganan stunting sebanyak 4.004 orang serta menekan angka kematian ibu dan bayi sebanyak 150.481 orang. Selain itu juga dilakukan peningkatan layanan kesehatan dengan penyaluran monil sehat sebanyak 432 unit serta bantyuan kepada 10 poskestren. Dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pemkab melalui program Lamongan Sehat memberikan layanan home care service yakni layanan kesehatan ke rumah-rumah warga, sebanyak 1.021 KK telah terlayani di tahun 2021.

Di bidang pendidikan, melalui program pendidikan gratis bagi keluarga kurang mampu, pemkab telah memberikan beasiswa kepada 4.200 siswa SD, 1.200 siswa SMP dan 1.277 mahasiswa PTN/PTS.

Infrastruktur merupakan prioritas dalam kepemimpinan Yuhronur – Rouf. Melalui prgram Jamula (jalan Apik dan Mulus Lamongan) telah dilakukan pemelihraan jembatan, pembangunan jalan dan pemeliharaan ruas jalan, antara lain ruas jalan Tikung – Sumberkerep, Tunjung Mekar – Sambopinggir dan Karangkembang – Gedongkulon.

Melalui program mewujudkan infrastruktur handal dan berkeadilan yang berwawasan lingkungan, pemkab mengembangkan inovasi SAMTAKU  (sampahku tanggung jawabku) penanganan sampah bisa mencapai 180,2 ton/hari dari yang sebelumnya 154,7 ton/hari dan yang paling penting bisa menaikkan nilai ekonomi sampah dari 500 juta – 1 milyar/tahun.  Serta pembangunan rumah tidak layak huni yang pada tahun 2021 terealisasi sebanyak 535 unit rumah.

Pada bidang  pertanian, melalui program lumbung pangan Lamongan, dengan luasan panen 154.204 Ha, Kabupaten Lamongan mampu menghasilkan gabah  kering giling  (GKG) sebesar 1.196.310 ton pada Bulan Januari – Desember tahun 2021. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya yang dilakukan Pemkab Lamongan  dengan pembangunan lumbung pangan , juga berbagai bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Guna menjaga hasil produksi pertanian Pemkab Lamongan juga telah memberikan asuransi usaha tani kepada 195.512 orang petani.

Guna mendukung  produksi pertanian Pemkab Lamongan juga telah melakukan peningkatan pelayanan irigasi melalui rehabilitasi embung dan jaringan irigasi permukaan pada lahan pertanian seluas 37.198 ha. Mitigasi kekurangan air baku bagi petani juga dilakukan dengan upaya pengerukan di 3 waduk/ rawa dan 22 embung desa sehingga menambah persediaan volume air baku 66.500 m3.

Pemkab Lamongan berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, melalui pelayanan publik yang responsif, cepat, mudah dan adaptif.  Dengan menghadirkan tata kelola pemerintahan yang dinamis dan digitalisasi pelayanan publik, telah membawa Kabupaten Lamongan mendapatkan banyak penghargaan.  Selain itu  melalui SIPPOMA (Solusi Pelayanan Publik Berbasis Online dan Mandiri Lamongan)  mampu membuat proses perijinan menjadi lebih efektif, ekonomis, efisien, transparan, akuntabel dan berkualitas. Hal tersebut berdampak pada  investasi di Kabupaten Lamongan tetap berjalan meski di masa pandemic. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai investasi yang masuk baik dari Izin usaha dan investasi baik One Single Submission (OSS) sebanyak 32 ijin maupun Non OSS sebanyak 1.274 ijin.  

Di bidang pelayanan publik  Pemkab Lamongan menerima berbagai penghargaan terkait pelayanan publik yakni Kompetisi inovasi pelayanan public TOP 30 melalui SAMTAKU oleh Gubernur Jawa Timur, Penghargaan Kepatuhan Standart Pelayanan Publik dengan Nilai Kepatuhan Tinggi Zona Hijau dari Ombudsman.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023