November

09

 2021

Kominfo Dukung UMKM Go Digital

 diskominfo
 788
 09-November-2021

Perkembangan zaman terus mengarah ke dalam digitalisasi terutama dalam soal berbelanja. Dari model berjualan secara offline, kini berkembang menjadi online melalui beragam platform belanja. 

Sebagai bentuk dukungan menuju digitalisasi, Badan  Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Mitra Global Tech Company, Perguruan Tinggi, dan Start-up Lokal  mengadakan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), berupa pelatihan bagi  wirausaha pemula dan UMKM untuk berjualan secara online

Dengan diikuti oleh 150 peserta terdiri dari 75 wirausaha pemula dan 75 UMKM dari Lamongan, DEA digelar selama 2 hari secara berturut di Gedung Pasca Sarjana Unisla. Dalam pelatihan ini peserta akan dibekali cara mengelola media sosial dan tata kelola keuangan secara mudah.

Bagus Winarko, Sub Koordinator Pengembangan SDM Kominfo, mengatakan pelatihan ini dilakukan untuk mempersiapkan para pengusaha UMKM untuk meningkatkan pendapatan usahanya dengan memanfaatkan teknologi. 

“Akan kami berikan pelatihan tips and trick dalam penjualan online selama dua hari ini,” katanya saat ditemui disela acara, Senin (8/11) di Universitas Islam (Unisla) Lamongan . 

Untuk tata kelola keuangan, Kominfo bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam hal penyedian aplikasi BRI Stroberi.

"Biasanya uang usaha dan dana pribadai kan tercampur. Dengan aplikasi itu enak ada pembukuan, stock, harga, pemasukan dan pengeluran dan langsung terkoneksi dengan rekening merek," terangnya.

Agar pelatihan ini dapat maksimal, Bagus menjelaskan pihaknya tetap akan menindaklanjuti para alumni pelatihan.

"Follow up tetap akan kami lakukan dengan monitoring apakah para alumni dari sini naik gak omsetnya, nanti kami tracing dan survey. Sehingga dapat menjadi masukan kami untuk tahun ke depannya," jelasnya.

Ia berharap para peserta dapat mengembangkan ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terlebih di masa pandemi.

Pelatihan DEA ini telah dillakukan sejak tahun 2018, lalu sejak pandemi pelatihan makin dimassifkan karena perubahan akitivas masyarakat yang menjadi serba online.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023