Juni

17

 2021

Tambah Nilai Ekonomi, Dharma Wanita Persatuan dari 42 OPD Ikuti Lomba Masak Serba Ikan

 diskominfo
 1433
 17-Juni-2021

Dharma Wanita Persatuan Perwakilan dari 42 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti Lomba Masak Serba Ikan pada Kamis (17/6/2021) bertempat di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN), dan Dharma Wanita.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, Heruwidi, mengatakan bahwa acara ini  bukan lomba memasak semata, namun sebagai upaya mengembangkan hasil makanan ikan menjadi nilai ekonomi.

"Harapannya peserta dapat mengembangkan dan mensosialisasikan semua masakan hasil lomba serta mentransformasikan seluruh menu menjadi yang bernilai ekonomi serta mendorong budaya memasak dan mengkonsumsi ikan sebagai menu keluarga." Ucap Heruwidi.

Masa pandemi konsumsi ikan mengalami peningkatan. Pada tahun 2019, masyarakat Lamongan mengonsumsi ikan sebanyak 41 ton/tahun, lalu di tahun 2020 meningkat menjadi 44 ton/tahun.

Senada dengan, Heruwadi, Anis Kartika Yuhronur Efendi, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Lamongan berharap bawa olahan ikan dapat menciptakan nilai ekonomi dan membantu kebangkitan UMKM.

"Selain menu-menu baru yang menarik yang bisa dikonsumsi balita hingga orang tua, harapannya ada nilai ekonomi sehingga membantu kebangkitan ekonomi di masa pandemi khususnya berbahan olahan ikan," katanya.

Bupati Yuhronur yang hadir dalam acara tersebut berharap agar lomba memasak ikan nantinya akan diperuntukan bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam pelaku UMKM khusus olah ikan.

"Dan jika memungkinkan, tahun depan yang menjadi peserta lomba cipta menu adalah masyarakat umum pelaku usaha agar dapat menjadi peluang usaha juga," ujarnya.

Dinas Ketahanan Pangan keluar sebagai Juara untuk menu keluarga dengan nilai 194, sedangkan yang terbaik untuk menu kudapan, diraih oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian dengan nilai 187. Sementara untuk menu Balita, RSUD dr. Soegiri yang menjadi juaranya dengan nilai 181.

_
* Cover foto oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan SETDA Kab. Lamongan

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023