Juni

15

 2021

Atasi Kelesuan Ekonomi, PEMKAB Lamongan Optimalkan Sektor dan Teknologi

 diskominfo
 1251
 15-Juni-2021

Bupati Yuhronur mengungkapkan bahwa Kabupaten Lamongan beruntung memiliki pariwisata dan letak geografis yang strategis sehingga dapat cukup berkontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lamongan.

"Government melakukan kewirausaahan yang mana kita bisa memanfaatkan aset yang bisa dibangkitkan secara ekonomi dengan model kerja sama swasta dan manajemen yang baik bisa menghasilkan PAD yang baik. Juga bisa membangkitkan UKM di sekitar yang menjual produk dan makanan khas wilayah sekitar," ungkap Bupati saat menerima rombongan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VIII BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (15/6/2021) di Pendopo Lokatantra.

Visitiasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemulihan pariwisata di masa pandemi untuk peningkatkan PAD.

Bupati memaparkan bahwa dalam penanganan pandemi Kabupaten Lamongan salah satunya dengan mengawinkan semua sektor dengan sektor pariwisata.

"Misal sektor pertanian tidak hanya pertanian, namun menjadi agriwisata misal di Desa Latukan yang ada pesta semangka," ujarnya dalam sambutan.

Selama Pandemi, pendapatan Kabupaten Lamongan mengalami keterpurukan hingga mencapai -2,5 %. Untuk itu, program pemulihan ekonomi Pemerintah Lamongan yakni tidak hanya membangkitkan tempat pariwisatanya saja, namun juga kondisi masyarakat sekitar baik lingkungan maupun produk UMKM-nya.

"Yang kami bangkitkan bagaimana pariwisata mengangkat masyarakat sekitar, namun lingkungan di sekitar juga kita bangkitkan," ujar Bupati.

Tidak hanya itu, program pemulihan ekonomi juga dilakukan dengan membangun taman tematik di beberapa wilayah Lamongan misalnya Taman Tematik Paciran dan Taman Tematik Kendalifornia yang diolah BUMDES.

Untuk memudahkan masyarakat Lamongan dalam berbelanja, PEMKAB Lamongan membuat aplikasi LALA (Lapak Lamongan) dan POL (Pasar Online Lamongan).

"Jadi kami tidak hanya diam saja, namun LALA dan POL memang sudah berjalan dan akan kami terus usahakan lebih baik lagi," ujarnya.

Hal ini dilakukan agar bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dan pariwisata dapat berjalan kembali.

Bupati berharap dengan adanya visitasi ini dapat memberikan inspirasi bagi tiap daerah dalam mengatasi kelesuan ekonomi di daerahnya masing-masing.

_
* Kover Foto oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan SETDA Kab. Lamongan 

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023