Agustus

30

 2023

Pemkab Lamongan Peroleh Apresiasi Tokoh Publik

 diskominfo
 402
 30-Agustus-2023





Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, peroleh penghargaan “Apresiasi Tokoh Publik” kategori Pendorong Ekonomi Kerakyatan tahun 2023, dari Tempo Media Group (PT Tempo Inti Media Tbk), di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Selasa (29/8/2023) malam. 

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh  Direktur PT Tempo Inti Media Tbk, Budi Setyarso kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, menjadi wujud apresisasi media kepada tokoh-tokoh daerah yang berkontribusi pada pembangunan di daerah maupun di tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diberikan berkat, pertumbuhan ekonomi Lamongan menunjukan tren positif, dari 3,43  persen di tahun 2021, menjadi 5,56  persen di tahun 2022.  Terjadi penurunan angka presentase kemiskinan  di tahun 2022 menjadi 12,53 persen dari 13,86 persen di tahun 2021. 

Dilihat dari produksi, Lapangan Usaha Transportasi  dan Pergudangan di Lamongan mengalami pertumbuhan sebesar 15,82 persen. Yang disominasi lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 32,84 persen. Sementara dari sisi  pengeluaran, Komponen Pengeluaran Konsumsi  LNPRT mengalami pertumbuhan sebesar 6,93 persen, yang berasal dari komponen pengeluaran konsumsi  rumah tangga sebesar 71,74 persen.

Menurut Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan, penghargaan tersebut tidak lepas dari kontribusi dan kolaborasi bersama antara pejabat pemerintah, tekholder, maupun masyarakat untuk mewujudkan kemaslahatan bersama dan terciptanya kejayaan Lamongan. 

“Alhamdulillah Lamongan memperoleh penghargaan gelar Apresiasi Tokoh Publik kategori Pendorong Ekonomi Kerakyatan tahun 2023, dari Tempo Media Group, ini tentu menjadi motivasi dorongan kita bersama untuk terus meningkatkan perekonomian di Lamongan dengan penggalian potensi lokal dan penguatan sumber daya manusianya, agar menjadi pondasi sekaligus kekuatan, sehingga terwujud bangkit ekonominya, merata pembangunannya, harmonis warganya,” kata Pak Yes. 

Di tahun 2022 gini rasio Lamongan (ketimpangan ekonomi secara menyeluruh) juga mebgalami penirunan menjadi 0,273. Sedangkan, IPM yang terus mengalami meningkat menjadi 74,02, Indeks Kesalehan Sosial yang mencapai 86,77, dan PDRB per kapita bertambah menjadi 33 juta. 

Direktur Utama PT Tempo Inti Media, Arif Zulkifli mengatakan, kolaborasi antara Tempo dan Pemda, selalu dirayakan bersama sebagai tongkat kemajuan pembangunan dan pemenuhan kebutuhan dasar publik.

"Apresiasi ini adalah penghargaan Tempo untuk semua mitra kami, Pemerintah Daerah di seluruh penjuru nusantara, yang telah bekerjasama dengan Tempo dalam mewujudkan pencapaian luar biasa dari berbagai hal, demi kemajuan Indonesia," ungkap Arif Zulkifli dalam sambutannya.

Arif Zulkifli juga mengapresiasi sekaligus meyakini bahwa kemajuan suatu daerah tidak terlepas dari kepemimpinan walikota atau bupati setempat dalam mengelola daerah tidak lagi secara sentralistik, sehingga akan memberikan banyak kemanfaatan. 

Gelar “Apresiasi Tokoh Publik” kategori Pendorong Ekonomi Kerakyatan juga diterima Pemerintah Kabupaten Lamongan, Pemerintah Kabupaten Keerom, Pemerintah Kabupaten Bandung, Pemerintah Kabupaten Dairi, Pemerintah Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya, dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023