Agustus

10

 2023

Tetap Sehat Hadapi Fenomena El Nino

 diskominfo
 983
 10-Agustus-2023

Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan mengajak masyarakat untuk tetap sehat hadapi fenomena El Nino melalui pola makan dan pola hidup. 

Karena fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia. Terlebih menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (disingkat BMKG), puncak fenomena El Nino akan terjadi pada Agustus-September 2023.

"Pada puncak fenomena El Nino di Indonesia akan, biasanya terjadi peningkatan penyakit yang berhubungan dengan air atau water borne disease karena keterbatasan ketersediaan air dan sanitasi. Serta peningkatan penyakit saluran napas yang berhubungan dengan terjadinya polusi udara dan penyakit akibat cuaca panas atau heat stress," tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dr. Herwidyah Sidhayatri

Selanjutnya Herwidyah menyebutkan ragam penyakit yang berpotensi menyarang manusia saat El Nino seperti, gangguan pernafasan, dehidrasi, penyakit kulit kering dan gatal, penyakit disebabkan vektor, nyamuk tikus, serta penyakit jantung & heat stroke.

Maka dari itu Herwidyah mengajak kepada seluruh masyarakat Lamongan agar menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat supaya tetap terjaga kesehatannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara perbanyak minum air putih serta menambah jumlah konsumsi buah dan sayuran. Sedangkan untuk melindungi dari luar perlu memakai pelindung kepala dan mengenakan pakaian lengan panjang.

"Informasi menjaga kesehatan saat El Nino tentu akan kita sebarkan melalui sosial media dan surat himbauan ke seluruh puskesmas di Lamongan," jelasnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023