DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 19 Juni 2024

LUAR BIASA , 100% DESA DI KECAMATAN PACIRAN BERSTATUS “MANDIRI” – MONEV DD DAN PENETAPAN IDM TAHUN 2024 DI WILAYAH KECAMATAN PACIRAN

LAMONGAN – Kabupaten Lamongan tahun ini benar-benar berhasil tingkatkan status desa mandiri diwilayahnya, Kali ini giliran Kecamatan Paciran yang berhasil 100% desa berstatus mandiri. Pagi tadi digelar penetapan status Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2024 sekaligus pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan Dana Desa Tahap I dan fasilitasi penyaluran Dana Desa Tahap II, Rabu (19/06/2024).

Cukup takjub manakala Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan, M. Zamroni, S.Sos., M.Si menyaksikan langsung penandatanganan berita acara penetapan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 di Kecamatan Paciran. Status IDM Kecamatan Paciran pada tahun ini patut mendapat apresiasi, pasalnya 100% Desa di Kecamatan Paciran mampu mempertahankan status desa nya sebagai desa mandiri.

“Dengan jumlah desa sebanyak 16 desa, Kecamatan Paciran mampu mempertahankan status desa nya 100% berstatus Desa Mandiri. Sungguh merupakan sebuah prestasi yang patut kita beri apresiasi bagi penyelenggaraan pemerintah desa dengan kinerja terbaik, sekali lagi selamat untuk pemerintah desa di kecamatan paciran, semoga bisa memberi motivasi dan semangat bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Lamongan”, tutur Zamroni.

Acara yang dikemas sebagai monev tersebut pun dilanjutkan dengan pembinaan dan fasilitasi penyaluran serta evaluasi pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana desa. Pembinaan dilakukan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan dan didampingi Kepala Bidang pengelolaan keuangan, aset dan sumber daya desa sebagai ketua tim monev DD serta diikuti oleh segenap pendamping profesional, pendamping desa, kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Paciran.