DINAS KESEHATAN

Hari Kanker Sedunia 2023, Satukan Kata dan Langkah “Close The Care Gap”

Hari ini, Minggu 05/02 Dinas Kesehatan Kab. Lamongan bersama Yayasan Kanker Indonesia Kab. Lamongan dan para Insan Kesehatan Rumah Sakit dan Puskesmas se Kabupaten  Lamongan memperingati hari kanker sedunia yang jatuh pada tanggal 04 Januari 2023 di Alun-Alun Kab. Lamongan.


Kanker merupakan masalah kesehatan masyarakat baik di global maupun nasional, berdasarkan data Global tahun 2020, kasus baru kanker di Indonesia mencapai 396.914 kasus dengan kasus kematian mencapai 234.511 orang, dan akan terus meningkat apabila tidak dilakukan upaya penanggulangan kanker, menurut data BPJS Kesehatan tahun 2021, pembiayaan akibat penyakit kanker menempati urutan kedua sebesar 3,5 triliun, yang sesungguhnya dapat dihindari karena sebagian angka kematian akibat kanker dapat dicegah.


Saat ini pemerintah kabupaten Lamongan mempunyai program penyakit tidak menular terkendali (PTM Terkendali), deteksi dini kanker leher rahim dengan metode IVA dan kanker payudara dengan pemeriksaan klinis (sadanis), yang berkolaborasi dengan yayasan kanker indonesia ( YKI ) Cabang Lamongan ujar Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lamongan dr. Taufik Hidayat dalam sambutannya.


Perubahan perilaku hidup saat ini, seperti pola makan dengan gizi tidak seimbang (makanan terlalu manis, pengawet, pewarna, fast food, makanan yang dibakar secara berlebihan), kurangnya konsumsi buah dan sayur. Kurangnya aktifitas fisik, kebiasaan merokok minuman beralkohol, lingkungan tidak sehat, inilah yang menyebabkan masyarakat kita mudah terserang kanker ujar ketua TP-PKK Labupaten Lamongan selaku ketua Yayasan Kanker Indonesia Kab. Lamongan Ny. Hj. Anis Kartikawati Yuhronur Efendi.


#LAMONGAN SEHAT

#INDONESIA KUAT

#TETAP SEMANGAT UNTUK MANFAAT