DINAS KESEHATAN

Deputi III Bapanas Launching Rumah Pangan B2SA Lamongan

Deputi III Bidang Penganeragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional (BAPANAS) Andriko Noto Susanto melaunching rumah pangan B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) di Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah, Lamongan. Hadirnya rumah pangan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat. “Jadi rumah pangan B2SA ini konsepnya adalah promosi, kampanye, dan edukasi kita semua untuk memberikan pola konsumsi pangan beragam, bergizi sehat, dan aman." Jumat (14/6/2024).


Delapan Kabupaten/Kota yang melancing rumah pangan B2SA secara serentak yakni Kabupaten Lamongan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Bondowoso, Kota Madiun, Kota Batu.


Lebih lanjut, Andriko menekankan, terdapat lima langkah promosi yang terus dimasifkan yakni, konsumsi pangan B2SA dengan pangan lokal sebagai andalan, isi piringku, food weste atau membuang makanan, belanja bijak belanja secukupnya, dan zero new stunting.


Andriko menceritakan, saat ini terdapat berbagai tantangan yang dihadapi dalam pangan nasional, mulai dari laju fungsi lahan pertanian, alih profesi pertanian generasi muda, diversifikasi (penganeragaman) pangan, perubahan iklim karena meningkatnya suhu yang berakibat pada kegagalan panen, hingga lainnya.


Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi mengungkapkan, sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Lamongan telah menerapkan program membawa bekal dari rumah dengan menerapkan program B2SA.


Dikatakan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Dydik Rudy Prasetya, program bantuan makan sehat B2SA yang diterima siswa-sisiwi SDN Sugihwaras, Kecamatan Kalitengah dari Bapenas akan berlangsung selama 3 bulan dengan 60 kali paket makan.


repost @lamongankab


Salam Sehat!


#TETAPSEMANGATUNTUKMANFAAT

#LAMONGANSEHAT

#INDONESIAKUAT

#lamonganmegilan #lamongan #megilan #lamonganmenujukejayaan #dinkeslamongan #pemkablamongan