DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

POCADI TAMAN BACA ALUN-ALUN, PACU MASYARAKAT LAMONGAN GEMAR MEMBACA

LAMONGAN - Taman Baca tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Lamongan. Taman Baca Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan ini telah berdiri sejak tahun 2019. Lokasinya pun sangat strategis yaitu berada di dalam alun-alun Lamongan. Koleksi bukunya sangat beragam.

Saat ini taman baca juga menyediakan bahan bacaan berbentuk cetak dan elektronik. Hal ini diharapkan dapat memacu minat masyarakat Lamongan untuk gemar membaca sekaligus meningkatkan literasi baca tulis dan digital.

Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan pemerintahan daerah setempat ataupun Kementerian Lembaga membangun Pojok Baca Digital (POCADI).

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan  menerima bantuan Pojok Baca Digital atau POCADI dari Perpustakaan Nasional. POCADI merupakan tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book). Koleksi e-book yang ada di POCADI berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPusnas. POCADI menjadi daya tarik masyarakat agar sering berkunjung ke taman baca. Pengunjung taman baca tidak terbatas usia. Baik anak-anak, remaja maupun dewasa dapat mengunjunginya. Tidak hanya untuk membaca buku saja, di taman baca juga kerap dikunjungi untuk mencari bahan referensi untuk mengerjakan tugas sekolah. Seperti salah satu pengunjung taman baca yang satu ini.

"Taman baca ini sangat bermanfaat sekali. Saya lebih banyak mendapatkan pengetahuan yang tidak saya dapat di sekolah. Selain itu bisa mencari buku bacaan sebagai referensi tugas sekolah." Terang Syifa Amalia pada Sabtu (13/5/3023).

Syifa Amalia yang sapaan akrabnya Syifa ini mengaku sangat senang, ia dan teman-temannya dapat mengerjakan tugas sekolah di taman baca.

"Apalagi sekarang ada buku digital. Banyak tambahan referensi dan memudahkan kami dalam membaca." Imbuhnya.

Siswa dari MTs Muhammadiyah 15 Lamongan ini sering belajar di taman baca saat sekolah ada pembelajaran di luar ruangan.

Taman Baca Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan yang sudah dilengkapi POCADI ini diharapkan mampu meningkatkan literasi masyarakat dengan menyediakan literatur-literatur yang terpercaya.