DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

PERINGATAN NUZULUL QURAN DALAM "SPIRIT AL-QUR'AN MENGGAPAI INSAN MUTTAQIN"

Pelaksanaan Khotmil Quran sekaligus Peringatan Nuzulul Quran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan berjalan baik dan lancar. Khotmil Quran telah diagendakan satu bulan sekali di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Karena bersamaan dengan bulan Ramadhan, Khotmil Quran dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Nuzulul Quran. Nuzulul Quran sendiri adalah peristiwa turunnya Al Quran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat Islam. Acara yang diselenggarakan pada Jumat (14/04/2023) ini bertema “Spirit Al-Qur’an Menggapai Insan Muttaqin“.

Acara diawali dengan membaca Al Quran bersama sesuai dengan juz yang ditentukan. Acara dipimpin oleh Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos., M.Si. Setelah Khotmil Quran selesai dilaksanakan kemudian lanjut dengan membaca doa Khotmil Quran oleh Ahmad Sufa'ad, S.T dan mendengarkan ceramah agama oleh K.H Maksum Lutfilah, M.Pd.

Dalam acara ini, sebagai sarana memahami makna Nuzulul Quran dengan menjadikan al-Quran sebagai pedoman hidup, sumber informasi dan motivasi, sebagai referensi dalam setiap sendi kehidupan serta penebar kasih sayang kepada sesama. Selain itu di dalam memahami makna Nuzulul Quran berikutnya adalah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan isi al-Qur’an sebagai jalan dan pedoman hidup (way of life), menjadikan spirit Al-Quran untuk menggapai Insan yang Muttaqin. Juga untuk mengangkat manusia dari keterbelakangan, kebodohan dan kegelapan

Acara yang dihadiri oleh seluruh pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan ini diharapkan menjadi motivasi dan teladan dalam menjalani hidup lebih baik dengan Al Quran sebagai pendomannya.