DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

DINAS ARPUSDA LAMONGAN DAMPINGI TIM PERPUSNAS RI SURVEY KELAYAKAN CALON PENERIMA BANTUAN BUKU UNTUK 11 PONPES DI KABUPATEN LAMONGAN

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan bersinergi dengan Perpustakaan Nasional RI melaksanakan Survey Kelayakan Calon Penerima Bantuan Koleksi Siap Layan Perpustakaan Pondok Pesantren Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Lamongan pada tanggal 6 hingga 8 Ferbuari 2023. Survey dilaksanakan oleh tim dari Perpusnas RI yabg diketuai Arliana Wijayanti, S.Sos., M.Hum. serta didampingi oleh Pustakawan Bidang Pembinaan dan Pengembangan perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Survey kelayakan calon penerima bantuan ini dilakukan pada 11 pondok pesantren calon penerima bantuan koleksi siap layan untuk anggaran tahun 2024. Dimana, sebelumnya pondok pesantren ini telah mengajukan permohonan bantuan koleksi melalui surat permohonan bantuan dan proposal yang ditujukan kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI.

Sebelas pondok pesantren yang disurvey oleh tim Perpusnas RI ini antara lain adalah Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Pondok Pesantren An-Nur Kembangbahu, Pondok Pesantren Nahdatul Wathan Sambeng, Pondok Pesantren Ulul Azmi Ngimbang, Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Babat, Pondok Pesantren Ma;had At-Tarbiyah Al Islamy Nuur Al Anwar, Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Karanggeneng, Pondok Pesantren Al-Ishlah Paciran, Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran, Pondok Pesantren Ma’had Manarul Quran Paciran dan Pondok Pesantren Mazro’atul Ulum Paciran. Kesebelas pondok pesantren tersebut disurvey guna diuji kelayakan dan dipotret kondisi perpustakaannya untuk dapat dilaporkan pada tim Perpustakaan Nasional RI. Sehingga kemudian dapat dipertimbangkan dalam keputusan penetapan penerima bantuan koleksi siap layan untuk perpustakaan pondok pesantren oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI.

Rangkaian kegiatan survey diawali dengan koordinasi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Tim Perpustakaan Nasional diterima di Ruang Kerja Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dan disambut secara langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos., M.Si,. Dalam Sambutannya, Farah Damayanti Zubaidah menyampaikan rasa terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI karena sebelas pondok pesantren di Kabupaten Lamongan dapat terpilih menjadi calon penerima bantuan koleksi siap layan perpustakaan pondok pesantren tahun 2024.

“Saya sangat berterima kasih karena perpustakaan di wilayah Kabupaten Lamongan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat terutama dalam hal pemberian ketersediaan bahan bacaan untuk pondok pesantren. Saya menyambut baik kawan-kawan semua yang akan melaksanakan survey, semoga dapat direalisasikan dan menjadi program yang berkelanjutan di wilayah kami kedepannya.” Ujar Farah.

Selanjutnya, seluruh tim survey dibagi menjadi 2 tim guna efektifitas pelaksanaan survey mengingat lokasi pondok pesantren yang berjauhan dan menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Lamongan. Tim yang telah dibagi kemudian melanjutkan perjalanan secara bergantian ke sebelas pondok pesantren di wilayah utara dan selatan Kabupaten Lamongan. Seluruh pondok pesantren yang menjadi calon penerima bantuan menyambut dengan antusias kedatangan tim survey dari Perpustakaan Nasional RI.

#surveykelayakanPNRI
#perpustakaanponpes
#perpusnasRI
#arpusdalamongan
#lamonganmegilan