DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

PUNCAK GEBYAR LITERASI KEGIATAN JOINT MONITORING VISIT DAN MINI SHOWCASE

Bertempat di Madrasah Ibtidaiyah 05 Palirangan puncak gebyar literasi dalam rangka joint monitoring visit dan mini showcase dilaksanakan hari ini, Selasa 25 Januari 2022. Hadir dalam kegiatan selaku stakeholder diantaranya Tim Monev dari Universitas Muhammadiyah Lamongan, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan wilayah Jawa Timur, Dikdasmen Daerah Muhammadiyah, Dikdasmen Cabang Muhammadiyah, Tim Inovasi Jawa Timur, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Lamongan, Himpaudi Lamongan, Pengawas Madrasah Kecamatan Paciran dan Solokuro serta Kepala Madrasah se Kecamatan Paciran dan Solokuro .

Kegiatan ini sebagai monitoring dan evalusi terhadap pelaksanaan program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) yaitu program kemitraan pendidikan Pemerintah Indonesia dengan Australia yang difokuskan pada penguatan literasi dan numerasi kelas awal. Program ini bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas awal. Tumbuhnya minat dan kegemaran membaca siswa dan guru akan berdampak pada meningkatnya kemampuan siswa dalam belajar  serta  ketrampilan  guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sehingga kualitas dan kompetensi  guru semakin meningkat  hingga terwujudnya Sumber Daya Manusia unggul dan berdaya saing.

Perpustakaan sebagai wahana sumber belajar dan informasi memiliki peran penting dalam mendukung program inovasi tersebut. Tersedianya bahan bacaan yang berkualitas, penyelenggaraan layanan perpustakaan sesuai SNP (Standart Nasional Perpustakaan) oleh pengelola perpustakaan yang mumpuni di bidangnya. Untuk itu pada kesempatan ini juga diserahkan MOU kerjasama di bidang layanan dan pembinaan perpustakaan antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dengan 10 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah yang menjadi  pilot project kegiatan Inovasi Muhammadiyah Tahun 2021 – 2022 dengan data sebagai berikut :

1.       MIM 01 Modern Paciran

2.       MIM 01 Payaman Solokuro

3.       MIM 02 Modern Paciran

4.       MIM 02 Solokuro

5.       MIM 04 Blimbing Paciran

6.       MIM 05 Palirangan

7.       MIM 05 Weru Paciran

8.       MIM 06 Al Amin Tunggul Paciran

9.       MIM 12 Dengok Paciran

10.   MIM 16 Karangasem Paciran

Rangkaian kegiatan dalam acara ini dibuka dengan sambutan selamat datang oleh Kepala Sekolah MIM 05 Palirangan, pentas seni dari masing-masing Lembaga, sambutan perwakilan Diklasmen daerah dan provinsi Jawa Timur, visit pembelajaran literasi di kelas awal, visit mini showcase, pertemuan dengan kepala sekolah dan guru serta feedback hasil join monitoring oleh Tim Join Monitoring Visit.  Mini Showcase yang ditampilkan sangat menarik, inspiratif dan kreatif yang mana berisi beberapa produk pembelajaran (big book, zig zag book), buku karya siswa dan guru, foto bedah kelas, video proses literasi dan numerasi serta hasil karya lainnya.