DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Pengenalan dan Evaluasi Sistim Informasi Kearsipan Dinamis di Diskominfo Lamongan

Untuk persiapan menghadapi aplikasi  sistim informasi kearsipan dinamis terintegrasi (SRIKANDI) tahun depan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten lamongan mengenalakan Sistim  Informasi Kearsipan Dinamis ke Diskominfo lamongan. Sebenarnya aplikasi SRIKANDI tidak jauh berbeda dengan SIKD hanya jangkauan SRIKANDI lebih luas yaitu secara nasional.

Aplikasi SIKD cara kerjanya sama persis dengan pengelolaan arsip secara manual, yaitu bagaimana mengagenda arsip masuk dan arsip keluar. Kemudahan yang ditawarkan hanyalah berbasis online sehingga pejabat lebih mudah melakukan disposisi surat di manapun dia berada. Aplikasi SIKD ini juga bisa dibuka via gadget sehingga lebih praktis.

Selain itu dalam SIKD, surat yang diterima sudah memberkas karena secara otomatis akan disimpan sesuai dengan kode klasifikasi persuratan yang ada. Dalam sosialisasi pengenalan SIKD di Diskominfo ini  semua pranata komputer mulai dikenalkan dengan akun serta manuver surat jika surat tersebut perlu tindak lanjut.

Acara yang berlangsung 20/1/22 di ruang Bidang Persandian dan Statistik ini dihadiri Kepala Bidang, Kasi persandian dan Keamanan Informasi, Serta Kasubbag Umum Diskominfo Lamongan sebagai penanggung jawab persuratan di dinasnya. Saat sesi praktek dilakukan lebih banyak saling berbagi pertanyaan pada instruktur dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah kabupaten Lamongan.