DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 13 Juni 2024

PERSIAPKAN PADURAKSA, 2 TK DI KECAMATAN TIKUNG TEKEN MOU PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DENGAN DINAS ARPUSDA

LAMONGAN - Rabu, 12 Juni 2024, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menerima kunjungan dari TK Nusa Indah II Dusun Topeng Desa Jatirego dan TK Bhakti Pertiwi Dusun Geger Desa Balongwangi Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Kunjungan ini mengandung maksud penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Arpusda dengan kedua Lembaga tersebut. Fida Nuraida, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menyampaikan bila kegiatan ini menjadi point pembuka atas Komitmen bersama Dinas Arpusda dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan pada program PADURAKSA (Pendidikan Terpadu Sekolah Ramah Anak, Akreditasi Perpustakaan, Sekolah Sehat dan Adhiwiyata). Dinas Arpusda sebagai unit kerja memiliki tupoksi menyelenggarakan Akreditasi Perpustakaan dan sebelum mengikuti akreditasi, ada beberapa tahapan yang harus di lalui perpustakaan.

Salbiyah, Kepala TK Bhakti Pertiwi dan Anita Wardani, Kepala TK Nusa Indah II menyampaikan bila ini menjadi hal baru bagi Lembaga kami, karena selama ini fokus kami hanya pada kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saja, meskipun buku merupakan media pembelajaran kami tetapi karena banyaknya keterbatasan mulai dari ruang, sarana prasarana, jumlah buku bacaan yang dimiliki serta SDM sehingga perpustakaan belum menjadi skala prioritas bagi kami. Setelah perjanjian ini dan menindak lanjuti hasil koordinasi hari ini, kami akan melaporkan kepada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kec. Tikung. Semoga dengan laporan ini pihak korwil dapat mengambil Langkah kebijakan untuk berproses dalam penyelenggaraan perpustakaan sekolah khususnya Lembaga PAUD.

Disampaikan pula bila kedepannya kami akan mengajukan permohonan untuk pembinaan terkait pengelolaan perpustakaan sekolah, bila saat ini kondisi perpustakaan kami masih apa adanya, kami siap untuk berproses menjadi yang seharusnya. Pengelolaan perpustakaan sekolah kami sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan hingga sampai terakreditasi.

#binapustakalamongan
#arpusdalamongan
#lamonganmegilan