DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

CELENGAN (Cerita Online Lamongan)





Celengan (Cerita Online Lamongan) merupakan replikasi program Dongeng Online (DOLEN) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan pengembangan program Widuri Sebumi Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan yang terhenti sementara sebagai dampak dari Pademi Covid -19 yang telah menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia sejak Maret 2020.  Pembatasan kegiatan yang  dilakukan  pemerintah sebagai langkah dalam pencegahan penyebaran virus covid-19 membuat layanan perpusda Lamongan tidak bisa optimal.

Celengan menjadi inovasi Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan agar tetep eksis dan produktif dimasa pademi.  Celengan mampu mengedukasi masyarakat tanpa harus datang secara tatap muka ke perpustakaan.  Adapun ragam kegiatan celengan antara lain :  mendongeng, membaca nyaring (read a load) serta kolaborasi bercerita bersama audience ( masyarakat, pegiat literasi, orangtua, komunitas, guru serta anak didik). Materi celengan  tentang  cerita rakyat nusantara, cerita lokal konten Lamongan,  cerita kisah para nabi serta cerita anak lainnya yang memberikan pesan moral  positif kepada audiance.

Celengan menjadi  media untuk memperkenalkan literasi dan bahasa  secara virtual  kepada anak. Melatih perkembangan kognitif dan kosa kata anak, pembelajaran karakter  serta  menstimulan  anak cinta buku dan membaca. Dengan cerita, anak akan lebih mudah mengerti akan suatu hal, anak akan tetap merasa senang dan ceria meski harus selalu berada di rumah. Celengan mengandung tuntunan moral dan etika serta ungkapan yang eksploratif, imajinatif sehingga memungkinkan anak untuk berpikir dan  bertanya pada eksistensi dirinya.

Celengan menjadi program regular yang hadir setiap hari Kamis pukul 09.00 – 10.00 wib melalui Instagram @perpuslamongan.

Setahun berjalan, Celengan mampu menjadi salah satu program yang diminati masyarakat pengguna  sosial media.  Dampak  positif  bisa  dilihat dari meningkatnya jumlah followers dari hari ke hari,  April 2020 jumlah followers  1.498  hingga Apri 2021 naik  menjadi  2077 followers. Dengan demikian Celengan mampu menjadi inovasi dan sarana paling efektif menumbuhkan kegemaran serta budaya baca anak di masa pademi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.