DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Belajar Melalui Cerita di MI Miftahul Ulum Morogo

LAMONGAN - Mobil Perpustakaan Keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lamongan berkesempatan mengunjungi MI Miftahul Ulum dsn. Morogo, Ds. Putatkumpul Kecamatan Turi pada Rabu, (25/10/2023).
Cuaca cerah dan suasana yang ceria menyambut Mobil Perpustakaan Keliling yang tengah memasuki halaman sekolah. Sebelum membaca buku, siswa-siswi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 berkumpul semua dalam satu ruangan. Kak Fitri dan Kak Friska memperkenalkan diri dan mengajak anak-anak untuk ice breaking agar lebih semangat mengikuti kegiatan. Lagu Aku Anak Gembala dan lagu Anak Kambing saya mengalun dengan penuh semangat.
Kak Fitri dan Kak Friska menampilkan sebuah dongeng dengan judul Sapi Yang Serakah. Diceritakan seorang penggembala yang mempunyai hewan peliharaan yaitu Sapi dan Kambing. Si Sapi diberi nama Bombom, sedangkan si Kambing namanya Bimbim. Bombom yang serakah menghabiskan semua makanan yang disediakan penggembala, hingga Bimbim tidak bisa makan.
"Bombom kemudian sakit perut karena kebanyakan makan." Ujar Kak Friska bercerita.
Meskipun Bombom sudah menghabiskan semua makanan, Bimbim memaafkan Bombom. Siswa-siswi diajak untuk belajar dari sebuah cerita Sapi yang Serakah.
Selesai bercerita, Kak Fitri dan Kak Friska memberikan tantangan kepada siswa-siswi untuk maju ke depan dan menceritakan kembali cerita Sapi Yang Serakah. Beberapa siswa dengan berani maju ke depan. Siswa-siswi juga menceritakan cita-cita mereka, ada yang ingin jadi dokter, polwan, dokter maupun presiden.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan membaca dari buku yang ada di Mobil Perpustakaan Keliling. Sebelum kembali, para guru menyampaikan pesan dan berharap agar kegiatan ini menjadi pembuka bagi sekolah MI Miftahul Ulum untuk dapat berkolaborasi lagi dalam kegiatan literasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lamongan.