DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

KAMPANYEKAN BUDAYA LITERASI MELALUI PEMILIHAN DUTA BACA DAERAH KABUPATEN LAMONGAN 2023

LAMONGAN - Rangkaian tahapan seleksi Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2023 yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan telah selesai dilaksanakan dengan terpilihnya para juara yang diumumkan dalam acara Final Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan yang berlangsung di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan pada Selasa, (22/8/2023) lalu.

Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan tahun 2023 mengusung tema “Membangun Keluarga Sadar Literasi” ini diikuti oleh 70 peserta mulai dari kalangan siswa, mahasiswa, pegiat literasi, guru PAUD, hingga perwakilan dari tim penggerak PKK. Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan diantaranya tahap penyisihan seleksi administrasi dan essai, tahap seleksi wawancara, dan terakhir seleksi final dengan paparan program kerja, visi dan misi serta essai dari setiap peserta.

Sebelumnya, semua peserta Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan telah mendapatkan pembekalan melalui workshop literasi “Membangun Keluarga Sadar Literasi” yang dilaksanakan pada Jum’at (11/8/2023) di Aula Cendekia lantai 2 Gedung Pusat Layanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan.

Sebanyak 15 peserta terbaik yang terpilih dari tahap wawancara akan melaju ke tahap final harus mempresentasikan visi, misi dan program kerja selama menjadi Duta Baca serta essai yang telah dibuat dengan durasi 10 menit.

“Perlu adanya motor penggerak atau role model yang nantinya bisa menjadi motivator pendobrak kesadaran pentingnya kebiasaan membaca dan berliterasi. Motor penggerak ini akan terwujud dalam Duta Baca Daerah yang dapat berperan aktif dalam membumikan literasi lamongan.” Ungkap Anis Kartikawati, Bunda Literasi Kabupaten Lamongan dalam sambutannya.

Ada tiga dewan juri yang ditugaskan untuk menilai hasil paparan visi, misi dan program kerja dari setiap peserta. Ketiga dewan juri tersebut yakni Bunda Literasi Kabupaten Lamongan, Anis Kartikawati, Penggiat Literasi Christine Endang HS, dan Akademisi Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga. Ketiga juri secara bergantian memberikan tanggapan dan pertanyaan kepada setiap peserta. Beragam program yang dipaparkan peserta untuk mengembangkan dan membudayakan gemar membaca dan literasi terutama untuk kalangan anak-anak.

Melalui Duta Baca peran perpustakaan akan dioptimalkan sebagai Upaya penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing dalam menghadapi tantangan global, sekaligus sebagai salah satu ujung tombak pemerintah daerah dalam membantu mengkampanyekan, mengedukasi, dan mengajak mesyarakat luas agar terlibat aktif dalam kegiatan literasi melalui berbagai media baik cetak, elektronik maupun media sosial untuk meningkatkan indeks literasi Masyarakat Lamongan.

Berikut hasil Final Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan 2023, terpilih Siti Fatimah perwakilan dari Kecamatan Turi sebagai Juara I, Iva Dwi Nurhayati perwakilan dari Kecamatan Karanggeneng sebagai Juara II, Vivid Rohmaniah perwakilan dari Kecamatan Laren sebagai Juara III, dan Nurul Khomariyah perwakilan dari Kecamatan Sukodadi sebagai Juara IV.