DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

ARPUSDA SELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN KEARSIPAN INTERNAL TAHUN 2023 KEPADA PERANGKAT DAERAH DAN KECAMATAN DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN DIBUKA OLEH SEKRETARIS DAERAH

LAMONGAN - Dalam rangka mewujudkan Tertib Arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan selenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023 di Aula Cendekia Lantai II Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan pada hari Rabu, 7 Juni 2023.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos.,M.Si memberikan laporan terkait dengan kinerja dan pencapaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dalam bidang kearsipan maupun dalam bidang perpustakaan.

Selain itu juga dilaksanakan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) guna mendukung Pengelolaan Kearsipan dilingkungan Pemerintah Lamongan yang lebih baik dan akuntabilitas. Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, Drs. Moh. Nalikan, M.M yang sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Dalam sambutannya, Drs. Moh.Nalikan,M.M menyampaikan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik tidak terlepas dari pengelolaan arsip yang baik. “Tata kelola yang baik memerlukan pengelolaan. Penciptaan, pemeliharaan, penggunaan, serta penyusutan arsip yang andal diperlukan untuk melindungi hak dan kepemilikan, mendukung akuntabilitas dan transparansi pemerintah, membantu pengambilan keputusan berbasis bukti, serta meningkatkan efisiensi pemerintah. Pengelolaan arsip yang baik juga untuk memastikan keberhasilan pelayanan publik yang bergantung pada akses dan efisien yang andal terhadap informasi pemerintah.

Beliau juga menegaskan bahwa arsip itu penting. Disebutnya, ketegasan itu harus ditindaklanjuti oleh semua pihak dalam hal ini para pencipta arsip untuk bertindak dan membuktikan bahwa arsip itu memang penting dan sebagai memori kolektif bangsa. Serunya

Setelah memberikan sambutan, beliau juga menyerahkan Thropy, Piagam Pemenang dan Uang pembinaan kepada para juara Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Se - Kabupaten Lamongan. Begitu juga Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan kepada 11 (Sebelas) Sekolah yang telah dilaksanakan akreditasi.

Penyerahan selesai kemudian beliau melakukan pencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Sekretaris Daerah, Drs. Moh.Nalikan,M.M. dan dilanjutkan dengan penandatangan Piagam Pencanangan oleh Drs.Moh.Nalikan, M.M, Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos.,M.Si serta Narasumber dari Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Sekaligus dilanjutkan Penandatangan pernyataan komitmen Bersama mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) oleh 13 (Tiga Belas) perwakilan Kepala perangkat daerah dilingkungan pemerintah kabupaten lamongan.

Acara pencanangan selesai, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pengawasan kearsipan internal oleh Arsiparis Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan Endang, Sofianti, S.Sos.,M.M.