DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Arsip Artikel

Program Bestari Ajarkan Siswa-siswi Cara Berwirausaha

LAMONGAN - Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Rara Ari Palupiningrum selaku kepala bidang Layanan dan Pengelolaan Bahan Perpustakaan. Siswa-siswi kemudian diajak safari Perpustakaan dengan memperkenalkan koleksi dan ruang yang ada di perpustakaan. Kegiatan Safari Perpustakaan ini dipandu oleh Kak Friska.Selanjutnya siswa memilih buku yang akan dibaca di ruang baca lalu membaca bersama di Aula Cendekia lantai 2. Siswa diberi waktu untuk membaca dan menjelaskan terkait isi buku yang telah dibaca. Dalam kegiatan ini dipandu oleh Kak Luluk dan Kak Hanafi. Siswa tidak hanya membaca buku tapi siswa diajak untuk belajar bagaimana cara berwirausaha yang dikemas dengan nama "Pustaka Pelajar". Setelah itu siswa menonton film pendek berjudul Topi -  Tindak, Tanduk, Subasita yg Menamakan pentingnya menjunjung adab / tata krama dan budaya dalam kehidupan bermasyarakat terutama kepada orang tua dan lingkungan sekitar.Ada 3 hadiah yang disediakan bagi siswa yang berani menerima tantangan untuk mengulas isi film secara singkat. Acara diakhiri dengan foto bersama.

Selengkapnya
PENYERAHAN LAPORAN HASIL AUDIT KEARSIPAN INTERNAL PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2023

LAMONGAN - Pada hari Rabu tanggal 29 November 2023 bertepatan dengan HUT KORPRI ke-52, bertempat di Alun-alun Kabupaten Lamongan telah dilaksanakan penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) Pemerintah Kabupaten Lamongan Tahun 2023. Simbolis Penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) diserahkan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Effendi kepada Perangkat Daerah terbaik dalam penyelenggaraan kearsipan. Pada tingkat Perangkat Daerah yakni Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana dengan kategori AA (Sangat Memuaskan), Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak dan Sekretariat DPRD dengan kategori A (Memuaskan), sedangkan pada tingkat Kecamatan yakni Kecamatan Karanggeneng, Kecamatan Sugio, dan Kecamatan Ngimbang dengan kategori B (Sangat Baik).Berdasarkan hasil penilaian melalui Formulir Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) dan bukti-bukti yang telah diserahkan kepada Tim Audit Kearsipan Internal Kabupaten Lamongan selama pelaksanaan Audit Kearsipan Internal Kabupaten Lamongan pada bulan Juni hingga Agustus menghasilkan rekapitulasi nilai audit kearsipan internal tahun 2023. Hasil Audit Kearsipan Internal Pemerintah Kabupaten Lamongan Tahun 2023 sebagai berikut:

Selengkapnya
MASUK NOMINASI 5 TERBAIK KATEGORI KHUSUS PERANGKAT DAERAH, DINAS ARPUSDA PAPARKAN INOVASI SUDUT BACA LENTERA

LAMONGAN - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan tidak berhenti berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Terbaru, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan termasuk dalam calon penerima anugerah pada Penganugerahan Megilan Inovasi dan Teknologi (MEGNOTEK AWARD) Kabupaten Lamongan Tahun 2023.Proses seleksi Penganugerahan Megilan Inovasi dan Teknologi (MEGNOTEK AWARD) tersebut kini telah memasuki tahapan pemaparan program inovasi yang digelar dalam bentuk presentasi secara luring. Dilaksanakan di LA Planning Room Bappelitbangda Lantai 2 pada hari jumat (24/11). Hadir dalam kegiatan tersebut, Farah Damayanti Zubaidah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan didampingi Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Achmad Karyawanto beserta Ulwiyatur Rif'ah, Pustakawan Ahli Muda menyampaikan paparannya terkait program inovasi Sudut Baca Lentera.Program inovasi Sudut Baca Lentera termasuk dalam 5 (lima) terbaik calon penerima anugerah tahap 1 pada Penganugerahan Megilan Inovasi dan Teknologi (MEGNOTEK AWARD) bersaing dengan Dinas Pendidikan (SDN 1 Kelorarum Kec. Tikung), Puskesmas Karanggeneng, Puskesmas Sukorame, dan Puskesmas Kedungpring.Adapun dewan juri pada penilaian tahap 2 (Paparan Proposal Inovasi) terdiri dari Ir. Siti Sumi'ah, M.M, Shofiah Nurhayati, S.P, M.Si dan Abdul Yasak, S.T, M.TFarah mengatakan melalui paparan program inovasi ini diharapkan mampu mendapatkan hasil terbaik dan mampu memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah di Kabupaten Lamongan.“Tentu harapannya untuk menang. Kami sudah memaparkan program inovasi dengan maksimal. Semoga mampu memberikan sumbangsih dalam mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan,” tutupnya.#megnotekaward2023#binapustakalamongan#arpusdalamongan#lamonganmegilan

Selengkapnya
Dinas Arpusda Gelar Literasi Budaya Java Japan Culture Exchange (JJ Cute)

LAMONGAN - Sebagai sarana bagi masyarakat untuk berkembang secara literasi komunikasi sekaligus pengayaan dalam kebudayaan, terlebih guna mencapai tujuan Kabupaten Lamongan yang berliterasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menggelar Talkshow Literasi Budaya Java Japan Culture Exchange (JJ Cute) dengan tema Komunikasi antar budaya Jawa dan Jepang di Aula Cendekia Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Rabu (15/10). Mendatangkan special guest, seorang native speaker budaya Jepang Watanabe Airi, dan Speaker budaya Jawa, Sariono. S.Sn., M.M dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan dan moderator Dwi Ernia Rahmawati. Talkshow dihadiri kurang lebih 80 peserta terdiri dari para guru pembimbing literasi dari berbagai sekolah, siswa-siswi dan komunitas pegiat literasi di kabupaten Lamongan. Mereka hadir memakai pakaian adat Jawa dan juga adat Jepang.Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos., M.Si. ‘’Literasi itu luas, tidak hanya sebatas membaca dan menulis, bisa disampaikan dalam konteks budaya dan seni." ujar Farah dalam sambutannya.Sebelum acara Talkshow, tayangan highlight tentang budaya Jawa dan Jepang ditampilkan melalui video yang dapat disaksikan oleh peserta.Acara talkshow dimulai oleh moderator dengan memperkenalkan kedua narasumber. Sebagai speaker budaya Jawa, Sariono memperkenalkan terkait budaya Jawa khususnya yang ada di Lamongan, seperti bahasa, kesenian hingga adat istiadat.Watanabe Airi dengan logat bahasa Jepang dan Indonesia, dalam paparannya menjelaskan kebiasaan-kebiasaan orang Jepang mulai dari makanan hingga pekerjaan populer di sana. "Pekerjaan populer untuk anak laki-laki -laki di Jepang ada pegawai negeri, YouTuber, Karyawan perusahaan, Guru, atlet, pilot," terang Airi.Acara kemudian dilanjut dengan tanya jawab dan penyerahan piagam sekaligus souvenir kepada kedua narasumber. Acara ditutup dengan foto bersama.Melalui talkshow JJ Cute, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mengenalkan bahwa literasi tidak terbatas pada menulis dan membaca, namun juga berbudaya. Selain itu harapannya talkshow JJ Cute ini dapat membuka wawasan terkait dengan budaya Jawa dan budaya Jepang.

Selengkapnya
Belajar Melalui Cerita di MI Miftahul Ulum Morogo

LAMONGAN - Mobil Perpustakaan Keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lamongan berkesempatan mengunjungi MI Miftahul Ulum dsn. Morogo, Ds. Putatkumpul Kecamatan Turi pada Rabu, (25/10/2023).Cuaca cerah dan suasana yang ceria menyambut Mobil Perpustakaan Keliling yang tengah memasuki halaman sekolah. Sebelum membaca buku, siswa-siswi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 berkumpul semua dalam satu ruangan. Kak Fitri dan Kak Friska memperkenalkan diri dan mengajak anak-anak untuk ice breaking agar lebih semangat mengikuti kegiatan. Lagu Aku Anak Gembala dan lagu Anak Kambing saya mengalun dengan penuh semangat.Kak Fitri dan Kak Friska menampilkan sebuah dongeng dengan judul Sapi Yang Serakah. Diceritakan seorang penggembala yang mempunyai hewan peliharaan yaitu Sapi dan Kambing. Si Sapi diberi nama Bombom, sedangkan si Kambing namanya Bimbim. Bombom yang serakah menghabiskan semua makanan yang disediakan penggembala, hingga Bimbim tidak bisa makan."Bombom kemudian sakit perut karena kebanyakan makan." Ujar Kak Friska bercerita.Meskipun Bombom sudah menghabiskan semua makanan, Bimbim memaafkan Bombom. Siswa-siswi diajak untuk belajar dari sebuah cerita Sapi yang Serakah.Selesai bercerita, Kak Fitri dan Kak Friska memberikan tantangan kepada siswa-siswi untuk maju ke depan dan menceritakan kembali cerita Sapi Yang Serakah. Beberapa siswa dengan berani maju ke depan. Siswa-siswi juga menceritakan cita-cita mereka, ada yang ingin jadi dokter, polwan, dokter maupun presiden.Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan membaca dari buku yang ada di Mobil Perpustakaan Keliling. Sebelum kembali, para guru menyampaikan pesan dan berharap agar kegiatan ini menjadi pembuka bagi sekolah MI Miftahul Ulum untuk dapat berkolaborasi lagi dalam kegiatan literasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lamongan.

Selengkapnya
Siswa-Siswi Antusias Mendengarkan Dongeng Gajah dan Bebek

LAMONGAN - Dengan yel-yel penuh semangat, siswa-siswi SDN 1 Kepatihan Lamongan berkunjung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan pada Selasa, 17/10/2023. Disambut dengan hangat oleh Ahmad Sufaad, beliau memberikan arahan dan juga motivasi literasi kepada siswa-siswi.Diawali dengan pengisian daftar hadir yang dibantu oleh Kak Hanafi, sebanyak 51 siswa mengikuti kegiatan safari perpustakaan yang dipandu oleh Kak Zuli. Siswa-siswi diajak untuk mengenal koleksi dan fasilitas yang ada di perpustakaan lalu mendengarkan dongeng berjudul Gajah dan Bebek. Siswa-siswi antusias mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh Kak Luluk, Gajah diceritakan bersifat tamak dan mau menang sendiri sedangkan Bebek suka menolong. Dari cerita Gajah dan bebek ini diharapkan siswa-siswi dapat mengambil pelajaran dari cerita tersebut.Kak Luluk kemudian memandu siswa-siswi untuk maju ke depan dan memberikan permainan menyenangkan. Tidak hanya mendengarkan dongeng, siswa-siswi juga membaca buku bersama sesuai dengan minatnya. Selesai membaca buku, siswa-siswi bermain mainan edukasi yang menjadi salah satu fasilitas yang ada di perpustakaan.

Selengkapnya