Sosialisasi Deteksi Dini dan Penanganan Konflik di Ngimbang

Posted By Badan Kesatuan Bangsa dan Politik | 30 November 2022

Hari Rabu (30/11) telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini dan Penanganan Konflik yang bertempat di Sekolah MI Unggulan Darussalam Slaharwotan Kec. Ngimbang Kab. Lamongan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Drs. M. Na'im, M. Ag (Anggota DPRD Kab. Lamongan Komisi A), Choirul Umami, SH (Kabid Wasnas dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kab. Lamongan), Ustadz Abdul Hamid (Pengurus Sekolah MI Unggulan Darussalam Slaharwotan), staf Bakesbangpol Kab. Lamongan dan peserta kegiatan sosialisasi.

Choirul Umami dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan harapannya kegiatan ini bisa menjadi penambah ilmu pengetahuan bersama terkait pencegahan dini konflik sosial di masyarakat.

Selanjutnya dalam penyampaian materi, M. Na’im menjelaskan bahwa pendeteksian dini diupayakan agar bisa membuka pemahaman masyarakat akan peran penting mereka dalam menjaga kondusifitas dan stabilitas wilayahnya. Dalam menjaga stabilitas tongkat utama tanggung jawab dipegang oleh para Penegak Hukum, akan tetapi perlu diketahui bersama yang paling mengetahui situasi lingkungan sekitar adalah masyarakatnya. Sehingga dalam poin pendeteksian dini masyarakat memiliki peran vital, yaitu berperan sebagai filter dan benteng utama dalam menjaga stabilitas wilayahnya.

Lanjutannya, pendeteksian dini ini memang tidak difokuskan pada terorisme saja, akan tetapi bisa diawali dengan pencegahan perkembangan paham intoleransi karena paham intoleransi ini yang dirasa menyebabkan segala sesuatu sumber permasalahan yang bisa menjadi pemicu munculnya suatu permasalahan yang bisa mengancam Keutuhan dan Persatuan Bangsa.

Kegiatan Sosialisasi ini ditujukan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan NKRI guna menjalin sinergitas dalam pencegahan timbulnya paham radikalisme dan intoleransi di wilayah Kabupaten Lamongan