Januari

12

 2017

BAKESBANGPOL LAMONGAN BERSAMA TIM PEMANTAU ORANG ASING KEMBALI AMANKAN 2 TKA ASAL CHINA

 bakesbang
 808
 12-Januari-2017

Persaingan tenaga kerja domestik dengan tenaga kerja asing (TKA) dan pribumi semakin banyak, tidak terhindarkan. Bakesbangpol bersama Tim Koordinasi Pemantauan Kegiatan dan Keberadaan Orang Asing, Organisasi Masyarakat Asing, dan Tenaga Kerja Asing Kabupaten Lamongan mengamankan 2 tenaga kerja asing (TKA) asal China  di sebuah toko bangunan Besi Jaya di Jalan Raya Lamongan-Mantup Desa Sidomukti Kecamatan Lamongan. Pada saat dilakukan sidak, Rabu (11/01/2017).

“Warga asing asal China yang bernama Weng Fei dan Chen Jia, pada saat diperiksa tidak memiliki kelengkapan dokumen keimigrasian maupun Visa apalagi Izin Mempergunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA). Kedua pekerja warga asing tersebut bekerja di sebuah toko bangunan sejak September 2016 lalu.” Ungkap Bpk. Sudjito, SE. (Kepala Bakesbangpol Lamongan).

Lebih lanjut Bpk. Sudjito, SE. Menjelaskan, bahwa “Kedua TKA asal China tersebut, bukanlah seorang tenaga ahli melainkan pengelola atau pekerja buruh biasa”.

“Karena tidak dapat menunjukan dokumen keimigrasian serta bekerja sebagai buruh biasa. Kedua TKA tersebut, langsung kami bawa ke Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya untuk dilakukan pengecekan dan pendalaman secara langsung.” Pungkasnya.

Kasus lain yang sering ditemukan, ialah adanya orang asing yang menggunakan visa kunjungan namun justru menjadi pekerja di wilayah tujuan. Untuk mengatasi permasalahan TKA yang melanggar izin tinggal, perluh adanya kerjasama antara Tim Pemantau Orang Asing dengan pihak imigrasi untuk turut melaporkan tujuan dan masa tinggal orang asing kepada dinas wilayah tujuan orang asing tersebut, agar lebih mudah dilakukan pengawasan sejak dini.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023