Desember

05

 2023

Sosialisasi Sukseskan Pemilu 2024 Bersama FPK

 bakesbang
 253
 05-Desember-2023

Bakesbangpol Kabupaten Lamongan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembauran kebangsaan dengan tema ‘Sukseskan Pemilu 2024 dengan Semangat Bhinneka Tunggal Ika bersama FPK’ di Rumah Makan Aqiilah pada Selasa (5/12).

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Lamongan, Sudjito, menyambut kegiatan ini sebagai sarana untuk mengenalkan FPK kepada khalayak, khususnya generasi muda. Terlebih, tema yang diangkat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi FPK untuk menjaga kondusifitas menjelang pemilu.

Kepala Bakesbangpol Lamongan, Dianto Hari Wibowo, mengamini pernyataan tersebut. Peran serta semua pihak, termasuk FPK dan FKUB, terbukti membawa hasil di mana Kabupaten Lamongan selalu meraih tiga besar dalam pelaporan pengentasan konflik sosial.

Dianto juga menambahkan bahwa pemilu tahun depan rawan akan ancaman politisasi SARA. Oleh karena itu, dirinya berharap semua pemangku kepentingan dapat berkontribusi meningkatkan kondusifitas agar pemilu dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai.

Narasumber kegiatan ini adalah Kasat Intelkam Polres Lamongan, Iptu I Nyoman Sukanesa, serta Sekretaris FPK Provinsi Jawa Timur, Yafeti Waruwu.

Nyoman, panggilan akrabnya, menjelaskan mengenai bagaimana kamtibmas yang terjaga sebelum, saat, maupun sesudah pelaksanaan pemilu dapat berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Terdapat dua pandangan terkait Pemilu 2024, berhasil dan tidak berhasil. Apabila pemilu berhasil, maka kamtibmas dapat terjaga. Ditambah dengan pemanfaatan bonus demografi, Indonesia dapat menjadi negara maju pada 2045. Namun, apabila tidak berhasil, maka upaya menuju Indonesia Emas 2045 dapat tersendat.

Nyoman menyatakan perbedaan adalah lumrah, dan berpesan agar perbedaan tersebut tidak menjadikan bangsa Indonesia terpecah belah.

“Membaur dalam perbedaan adalah kunci kekuatan bangsa. Pilhan boleh beda tapi kita adalah saudara,” pesannya.

Narasumber kedua, Yafeti Waruwu, menjelaskan mengenai FPK dan kebinekaan. Disebutkan bahwa tujuan FPK adalah terwujudnya Indonesia yang bersatu, semangat gotong royong dan meningkatkan ekonomi rakyat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan FPK kepada masyarakat maupun kepada generasi muda, serta tugas dan fungsi pokoknya. FPK memiliki pernah penting sebagai penjaga Bhinneka Tunggal Ika dengan keanggotaan yang terdiri atas beragam suku/etnis. Dalam pemilu, FPK dapat berperan untuk menjaga kondusifitas wilayah dari potensi konflik akibat kerawanan pemilu.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023