November

23

 2023

Sosialisasi Pemilih Pemula, Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas

 bakesbang
 305
 23-November-2023

Bidang Poldagri dan Ormas Bakesbangpol Lamongan pada Kamis (23/11) ini menggelar sosialisasi Pemilu bagi Pemilih Pemula dengan tema Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas yang diselenggarakan di Gedung Handayani Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.

Khoirul Anam dari KPU Kabupaten Lamongan dan M. Farid Achyani dari Bawaslu Kabupaten Lamongan didapuk menjadi narasumber.

Khoirul Anam dalam penyampaiannya menjelaskan pemilu sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat di mana rakyat memiliki hak untuk memilih sosok yang mereka anggap pantas dijadikan pemimpin.

Dirinya mendorong para peserta agar memanfaatkan hak yang mereka miliki untuk terlibat dalam proses demokrasi lima tahun sekali ini. Karena bagaimanapun juga, suara para peserta yang notabene pemilih pemula dapat turut menentukan nasib bangsa.

M. Farid Achyani di sisi lain menyampaikan mengenai tugas pokok dan fungsi Bawaslu, di mana mereka melakukan pencegahan dan penindakan apabila terdapat pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu.

Selain itu, Farid juga menyebutkan mengenai ancaman pemilu, seperti hoaks, politik uang, dan politisasi SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan). Oleh karena itu, Farid mengajak para peserta untuk bersama-sama berpartisipasi dan mengawasi jalannya pemilu.

Kegiatan ini merupakan bentuk pendidikan politik bagi generasi muda, khususnya mereka yang pada tahun ini akan mengalami pemilu pertama mereka. Penting untuk memberikan pendidikan politik, karena hampir segala aspek dalam kehidupan ini merupakan proses politik.

Harapannya, para pemilih pemula ini dapat berpartisipasi dalam pemilu sekaligus mendorong teman-teman dan lingkungannya untuk ikut mencoblos dan tidak golput sehingga suara mereka tidak hangus dan dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara ke depannya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023