Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah 2013

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pembangunan pada hakekatnya adalah suatu proses perubahan menuju kearah perbaikan atau suatu proses perubahan menuju kearah yang lebih baik.

Untuk menuju kearah yang lebih baik tersebut tentunya diperlukan suatu program yang terencana, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan dengan prinsip melanjutkan, meningkatkan, mengembangkan, memperbaiki serta memperbaruhi .

Sejalan dan searah dengan tujuan Pembangunan Nasional, Pembangunan Daerah Kabupaten Lamongan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari  Pembangunan Nasional dengan Visi, Misi dan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah yang dijabarkan dalam Program Pembangunan Daerah yang selama ini telah berhasil membuahkan berbagai kemajuan disegala bidang kehidupan masyarakat, meskipun dirasa belum optimal .

Sebagaimana tertuang dalam Visi, Misi dan Arah Kebijakan Pembanguan Daerah Kabupaten Lamongan diatas, untuk memberikan kesinambungan Pembangunan Daerah Kabupaten Lamongan diperlukan perjabaran dalam Program Pembangunan Daerah yang berkelanjutan, baik Program Jangka Panjang, Program Jangka Menengah maupun Program Jangka Pendek .

B. Maksud dan Tujuan

  • Maksud

Dibuatnya Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kantor Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Lamongan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

  • Tujuan
  1. Peningkatan peran dan fungsi Kantor Penelitian dan Pengembangan Daerah dalam rangka fungsi Inisiator, fungsi Pertimbangan dan fungsi Evaluasi dalam rangka Kebijakan Pembangunan Daerah,
  2. Peningkatan Akses Informasi dan data bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan,
  3. Meningkatnya Program dan Kualitas Penelitian dan Pengembangan dalam rangka Pengolahan, Pemanfaatan sumber daya alam dan potensi Pembangunan untuk meningkatkan taraf Hidup Kesejahteraan Masyarakat yang didukung oleh kemampuan sumber daya manusia/sumber daya aparatur yang trampil dan professional dibidang penelitian dan pengembangan.,
  4. Tersedianya kemampuan sarana dan prasarana bidang penelitian dan pengembangan yang memadai,
  5. Meningkatkan kerja sama dan kemitraan serta mendorong peranan pemerintah dan swasta / pihak ketiga di bidang penelitian dan pengembangan di wilayah Kabupaten Lamongan.

 

===  Baca Selengkapnya  >>>

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *