BALITBANGDA KABUPATEN LAMONGAN PERKUAT KERJASAMA DENGAN DTK ITS

Balitbangda Lamongan melakukan kunjungan ke Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS pada Tanggal 11 Februari 2020. Kunjungan dipimpin oleh Bapak Drs. Sutikno, MM selaku Kepala Bidang SDA TI dan Pengembangan INOTEK beserta 4 orang staffnya. Dalam rangka menindaklanjuti terkait Action Plan Roadmap SIDa dan Pengembangan Science Technopark. Kunjungan kali ini dalam upaya berdiskusi dan meminta masukan dari pihak DTK, yang pertama tentang kelanjutan Action Plan Roadmap SIDa. Pada pertemuan kali ini membahas tema terkait sejauhmana Action dari Roadmap SIDa? Juga terkait sejauhmana anggarannya?

Penyusunan Dokumen Kajian Pelaksanaan (action plan) Roadmap Penguatan SIDa Kabupaten Lamongan ini untuk menyiapkan rencana program kebijakan Penguatan SIDa Kabupaten Lamongan yang akan dilakukan secara terintegrasi dengan stakeholders terkait, yang bertujuan menyusun program kebijakan penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) melalui Peningkatan Daya Saing Berbasis Potensi Unggulan Kabupaten Lamongan, yakni Kabupaten Lamongan sebagi Pusat Pembangunan Industri Maritim Yang Berkelanjutan Berbasis Agro-Mina-Wisata. Dalam hal ini dapat diklasifikasikan di Bidang Agro misalnya pengembangan tanaman padi, jagung, sorghum, kedelai dll. Mina misalnya budidaya ikan, pengembangan TPI, dll. Dan menggali potensi wisata-wisata baru atau wisata yang sudah ada dapat digali kebaharuan inovasi apa yang dihasilkan, kemanfaatan, serta dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar sejak adanya inovasi tersebut. Menurut Bapak Murdjito, M.Sc.Eng “Kita harus memperkuat forum jaringan dengan SKPD terkait, sehingga di Tahun 2021 action sudah berjalan dan matte dengan RPJMD, dalam segi kemampuan anggaran juga harus dipetakan antara SKPD dengan rencana aksi SIDa.” Karena hambatan yang dirasakan selama ini adalah rencana aksi belum masuk di kegiatan SKPD terkait termasuk Kecamatan-kecamatan dan Musrenbang. Untuk kedepannya diharapkan action plan roadmap SIDa sudah ter-implementasi dengan efektif bukan hanya dari sisi kebijakannya saja. Sehingga dapat diukur pencapaian setiap tahun seperti apa dan nantinya dibuatkan kriteria per tahun berapa persen.

Selanjutnya terkait Identifikasi dan Potensi KST/STP Industri Maritim Terpadu Kabupaten Lamongan telah mempunyai roadmap Penguatan SIDa dengan tema Pembangunan Industri Maritim Berkelanjuan Berbasis Mina-Agro-Wisata. Pegembangan KST/ STP Kabupaten Lamongan merupakan suatu bagian dari program implementasi rencana aksi Penguatan SIDa Kabupaten Lamongan dan telah sesuai dengan potensi daerah yang ada; Pegembangan KST/ STP sebagai wujud menjalankan program prioritas pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat. Untuk pengembangan STP Tahun ini yang harus diperhatikan adalah dari sisi anggaran, titik koordinat yang harus dipakai. Dan nantinya tahapan yang harus dikaji adalah dari segi logistik, lingkungan, rencana strategis kegiatan STP, lokasi ada dimana, dan block plan. Output dari kegiatan ini diharapkan sudah ditentukan adanya kantor koordinasi untuk STP (Kelembagaan STP), karena pembangunan STP tidak harus 1 (satu) kawasan.