Balitbang Sukses Kenalkan Produk Olahan Sorgum Di Lamongan Tempo Doeloe 2019

Kembali hadir bagi warga Kabupaten Lamongan, yang merindukan acara dengan suguhan nuansa Djaman Biyen (jaman dulu) atau klasik yang dikemas dalam Lamongan Tempo Doeloe (LTD) yang digelar tanggal 6-7 September 2019. Pengunjung bisa menikmati suasana dan kuliner khas Tempo Doeloe di LTD 2019. Pengunjung juga bisa menikmati hiburan menarik dengan nuansa tempo doeloe yang dihadiri oleh gues star “Klantink” (Juara Indonesia Mencari Bakat)

Di tahun ini tentunya berbeda dari tahun sebelumnya, seluruh OPD mengenakan Busana Khas Lamongan (BKL) di hari pertama gelaran LTD. BKL ini merupakan salah satu model busana tempo doeloe Lamongan yang saat ini dijadikan icon Lamongan. Hal ini dalam rangka memasyarakatkan BKL agar masyarakat Lamongan bangga punya busana khas.

Pada kesempatan kali ini Balitbang menyajikan berbagai macam produk olahan makanan dari Sorgum yang meliputi: Tape orean sorgum, ketan orean sorgum, brondong orean sorgum, nasi sorgum, mentari sorgum, madu mongso sorgum dan es dawet sorgum, dengan harga yang sangat miring. Rupanya olahan produk dari sorgum ini sangat menarik antusiasme pengunjung LTD. Hal ini dibuktikan dengan terjual habis aneka jajanan olahan sorgum. Pemandangan yang sama terjadi di hari kedua sekaligus hari terakhir penutupan LTD 2019 antusiasme pengunjung semakin membludak terutama penikmat produk olahan sorgum di Stand Balitbangda. Tidak lain dan tidak bukan, pengunjung dibuat penasaran karena banyak dari mereka yang belum mengetahui apa itu Sorgum.

Padahal Kabupaten Lamongan merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi untuk pengembangan sorgum, karena sudah ada petani yang membudidayakannya yaitu di Kecamatan Babat dengan luas 377 hektar. Tanaman sorgum selain bisa tumbuh subur pada tanah kering dan bahkan tanah sudah mulai retak atau nela, tanaman sorgum juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan, sehingga digunakan sebagai alternatif kebutuhan pokok makanan.

Saat penilaian oleh tim juri dihadiri Bapak H. Fadeli, SH, MM selaku Bupati Lamongan beserta jajarannya yang turut serta menikmati olahan makanan dari sorgum. Beliau mengaku senang bisa mencicipi olahan makanan sorgum secara langsung, karena diantara yang lain hanya stand Balitbang yang menyuguhkan produk makanan dari sorgum.