November

14

 2016

KUNJUNGAN KERJA FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) KOTA MALANG DI KABUPATEN LAMONGAN

 bakesbang
 1252
 14-November-2016

Rabu tanggal 02 November 2016 Telah dilaksanakan Kunjungan Kerja Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Malang di Kabupaten Lamongan. FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. Kunjungan ini dipimpin oleh ketua Dewan Penasehat FKUB sekaligus Wakil Walikota Malang Drs. H. SUTIAJI.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 Wib. diawali dengan pembukaan dan dilanjut sambutan oleh Ketua Dewan Penasehat FKUB Kabupaten Lamongan/Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. KARTIKA HIDAYATI, MM,.MHP. dalam sambutannya: Mengucapkan selamat datang kepada Rombongan FKUB Kota Malang. Mudah-mudahan silaturrahmi ini dapat bersinergi dalam menjaga kerukunan umat beragama demi utuhnya NKRI. Bahwa Kabupaten Lamongan memiliki Desa Pancasila yang mana terdapat Masjid, Pura, dan Gereja yang berdampingan dan hidup rukun secara damai, tepatnya di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.

Dalam sambutannya juga menjelaskan letak geografis dan demografi daerah/wisata Kabupaten Lamongan. Lamongan masuk 5 (lima) besar pemasok daging sapi di Jawa Timur. Beberapa waktu yang lalu ada kunjungan 5 (lima) Menteri ke Lamongan yang mana dalam kesempatan tersebut, akan menjadikan Lamongan sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung Daging, itu semua tidak lepas dari kerukunan umat beragama. Masyarakat Lamongan 99,6 % Beragama Islam atau sebanyak 1.338.441 Jiwa. Selain itu juga menjelaskan komposisi Agama dan tempat Ibadah di Kabupaten Lamongan.

Kemudian sambutan dari Drs. H. SUTIAJI (Ketua Dewan Penasehat FKUB Kota Malang/Wakil Wali Kota Malang) yang intinya: Mengucapkan terima kasih atas sambutan Ketua Dewan Penasehat FKUB Kabupaten Lamongan. Sehingga kami rombongan 17 orang merasa tersanjung. Mudah-mudahan dalam silaturrahmi ini mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Frekueansi permasalahan Agama semakin meningkat terkait adanya permasalahan Al-Maidah Ayat 51. Kunjungan ini kami ingin sharing dan belajar terkait kerukunan umat beragama yang ada di Kabupaten Lamongan. Bahwa di kota Malang sekarang banyak aliran-aliran agama yang masuk melalui universitas/kampus. Dengan adanya aliran-aliran tersebut, Kami ingin membentengi dari provokasi ke masing-masing Agama sehingga Kebhinekaan tetap terjaga.

Ketua FKUB Kabupaten Lamongan KH. MASNUR ARIEF, SH. Juga memberikan sambutan yang intinya: Bahwa FKUB Lamongan memiliki program dalam menjaga kerukunan umat beragama dengan cara dialog, diskusi, dan sosialisasi. Selain itu memiliki tugas khusus untuk memberikan rekomendasi terhadap pendirian rumah Ibadah.

fkub-2

Kegiatan dilanjut mengunjungi Desa Pancasila yaitu, Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan untuk melihat lebih dekat atas keberadaan bangunan tempat Ibadah dan kerukunan antar umat beragama.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023