BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK

TOP 30 KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK LAMONGAN (SINOLLA) TAHUN 2021 KABUPATEN LAMONGAN

Lamongan 7 Mei 2021, pada hari Jum’at pengumuman hasil kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diadakan oleh Pemkab Lamongan telah diumumkan. Sebanyak 30 inovasi tentang pelayanan publik yang diajukan oleh tiap-tiap OPD berhasil dijaring sebagai langkah pertama dalam proses penyaringan lomba Inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Lamongan yang disingkat menjadi SINOLLA. SINOLLA sendiri merupakan salah satu gagasan Bapak Bupati Lamongan Dr. Yuhronur Effendi, MBA. Bapak Yuhronur sendiri memiliki target dalam memajukan infrastruktur dan pelayanan yang ada di Kabupaten Lamongan, yang diusung dalam 100 hari kerja beliau. Dalam upaya mewujudkan target besar yang beliau usung dibutuhkan banyak sekali support dari semua lapisan, baik dari pemerintahan daerah dan masyarakat Lamongan sendiri. Selain itu penjaringan masukan, kritik, dan inovasi juga sangat dibutuhkan dalam membantu kinerja 100 hari beliau. SINOLLA merupakan salah satu terobosan dalam menjaring inovasi dikalangan Pemerintahan Daerah yang diharapkan dapat mencetuskan berbagai terobosan-terobosan baru yang dapat menjadikan Kabupaten Lamongan ini menjadi daerah yang lebih maju dan modern yang siap bersaing dengan kota-kota besar di Indonesia.

Bakesbangpol Lamongan menjadi salah satu OPD yang memberikan masukan inovativ dalam aspek pelayanan publik. SEMPOA merupakan inovasi yang diusung oleh Bakesbangpol Kabupaten Lamongan. Inovasi yang mengusung teknologi kekinian dalam pemantauan orang asing, baik yang bekerja (TKA) ataupun yang tinggal di wilayah Kabupaten Lamongan, SEMPOA sendiri merupakan singkatan dari “Sistem Elektronik Manajemen Pemantauan Orang Asing”. SEMPOA merupakan inovasi yang diusung dari salah satu program pokok di bidang Kewaspadaan Dini dan Kerja Sama Intelejen Bakesbangpol Lamongan tentang pengawasan orang asing. Pengawasan orang asing yang berada di Kabupaten Lamongan merupakan bentuk kerja sama Pemkab Lamongan, Bakesbangpol Kabupaten Lamongan, dan Disnaker Kabupaten Lamongan dengan pihak Imigrasi Jawa Timur dalam upaya menjaga kestabilan wilayah. Program SEMPOA yang diusung oleh Bakesbangpol Kabupaten Lamongan telah berhasil lolos dalam tahap seleksi pertama, dalam penyeleksian tahap pertama ini dijaring sebanyak 30 program inovasi yang merupakan program inovasi unggulan dari tiap-tiap OPD di Kabupaten Lamongan.

Adapun hasil penjaringan inovasi yang berhasil lolos dalam tahap seleksi pertama ada sebanyak 30 inovasi, adapun daftar inovasinya sebagai berikut; 


        Hari Agus Santa P., S.Sos. sebagai Plt. Kaban Bakesbangpol Kabupaten Lamongan menyambut keberhasilan ini dengan penuh apresiasi positif. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi acuan yang positif dalam melaksanakan program pemantauan orang asing yang menjadi salah satu program pokok Bidang Kewaspadaan Dini dan Kerja Sama Intelejen Bakesbangpol Lamongan, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik kedepannya.


Penulis: Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik.