Enter your keyword

post

Upacara HUT RI Ke-72, Eks Teroris Baca Teks Proklamasi dan Pengibar bendera di Kampung Amrozi

Eks Teroris dan mantan kombatan ikuti upacara Kemerdekaan RI ke-72 di Halaman Masjid Baitul Muttaqin Desa Tenggulun Kec. Solokuro, Lamongan (Kampung Amrozi). Kamis 17 Agustus 2017.

Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-72 digelar tepat pukul 09.30 Wib. Inspektur Upacara Kepala Kepolisian Resort Lamongan AKBP. Juda Nusa Putra dan Komandan Upacara Ust. Edi Sucahyono. Upacara ini menjadi terharu, hampir semua petugas upacara adalah mantan kombatan dan teroris.

Pembacaan Teks Proklamasi sempat gugup oleh Ust. Ali Fauzi. Sementara petugas bendera salah satunya adalah Zulia Mahendra yang tak lain putra dari terpidana mati bom Bali satu Amrozi. Sedangkan dua temannya, yaitu Khoirul Mustain, dan Syaiful Arif, juga mantan terpidana teroris.

Mereka selama ini aktif bergabung dengan Yayasan Lingkar Perdamaian. Sebuah yayasan yang digagas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Usai upacara Ali Fauzi mengatakan, awalnya sempat gugup saat mulai membaca teks Proklamasi. Alasannya, karena ini adalah sejarah pertama kali dalam hidupnya terlibat aktif dalam Upacara Hari Kemerdekaan RI.

Kepala Kepolisian Resort Lamongan AKBP. Juda Nusa Putra mengatakan, upacara ini adalah momentum berharga karena melibatkan sejumlah mantan kombatan dan teroris dan  merasa bangga karena mereka bisa kembali hidup bermasyarakat.