Enter your keyword

Tupoksi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

(Berdasarkan PERATURAN BUPATI LAMONGAN NOMOR 54 TAHUN 2016 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LAMONGAN)

Bagian Pemerintahan mempunyai tugas membantu Sekretaris Daerah dalam menyusun kebijakan di bidang pemerintahan, mengkoordinasikan administrasi tugas Perangkat Daerah, mengkoordinasikan tugas instansi vertikal pelaksana pemerintahan umum serta melaksanakan pembinaan administrasi kecamatan dan kelurahan.

Bagian Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. perumusan kebijakan di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan otonomi daerah;
  2. pelaksanaan koordinasi dan penyusunan program kegiatan serta petunjuk teknis pelaksanaan di bidang pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama daerah;
  3. pelaksanaan fasilitasi administrasi pertanahan;
  4. pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di bidang pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama daerah;
  5. pelaksanaan pembinaan administrasi pemerintahan di bidang pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama daerah;
  6. pelaksanaan pemrosesan administrasi perizinan perjalanan dinas luar negeri bagi Bupati dan Wakil Bupati serta pimpinan dan anggota DPRD; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Tata Praja sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Bagian Pemerintahan, terdiri dari:

  1. Sub Bagian Administrasi Pemerintahan Umum dan Kewilayahan;
  2. Sub Bagian Otonomi Daerah dan Kerja Sama;
  3. Sub Bagian Bina Kecamatan dan Kelurahan.

 

Sub Bagian Administrasi Pemerintahan Umum dan Kewilayahan mempunyai tugas :

  1. menyiapkan bahan perumusan dan penyusunan kebijakan dibidang pemerintahan umum dan kewilayahan;
  2. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi terhadap aparat keamanan dan instansi terkait dalam pencegahan dan pengamanan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban daerah;
  3. menyiapkan bahan, koordinasi dan fasilitasi penetapan batas wilayah daerah;
  4. menyiapkan bahan, koordinasi dan fasilitasi dalam pembinaan kewilayahan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah;
  5. melaksanakan koordinasi, fasilitasi dalam penyusunan rupa-rupa bumi Kabupaten Lamongan;
  6. melaksanakan koordinasi dengan Instansi vertikal di daerah dalam pelaksanaan urusan pemerintahan umum;
  7. melaksanakan koordinasi, fasilitasi, pemantauan dan pelaporan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah;
  8. menyiapkan bahan  dan  menyusun program perencanaan serta laporan kinerja;
  9. fasilitasi dan koordinasi administrasi pertanahan daerah; dan
  10. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Otonomi Daerah dan Kerja Sama mempunyai tugas :

  1. menyiapkan bahan perumusan dan penyusunan kebijakan di bidang pengembangan otonomi daerah;
  2. melaksanakan koordinasi terhadap Perangkat Daerah dalam pelaksanaan urusan pemerintahan daerah;
  3. memberikan fasilitasi penerimaan kunjungan kerja DPR, DPD, DPRD dan Pemerintah Daerah dari daerah lain;
  4. mengkoordinasikan, menyusun dan menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah;
  5. memberikan fasilitasi, menyiapkan bahan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia;
  6. mengkoordinasikan, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur dan Hari Otonomi Daerah;
  7. mengkoordinasikan, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pengembangan otonomi daerah;
  8. mengkoordinasikan, menyiapkan bahan perumusan dan penyusunan naskah kerja sama daerah;
  9. melaksanakan pengurusan tata usaha dan kepegawaian; dan
  10. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan sesuai tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Bina Kecamatan dan Kelurahan mempunyai tugas :

  1. memfasilitasi, menganalisa, menginventarisasi dan mengevaluasi data profile kecamatan dan kelurahan;
  2. memfasilitasi, menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang penyelenggaraan pemerintahan umum di kecamatan;
  3. memfasilitasi, menyiapkan bahan perumusan, kebijakan, kewenangan atributif kecamatan;
  4. memfasilitasi, menyiapkan bahan perumusan kebijakan kewenangan pendelegasian sebagian kewenangan Bupati kepada kecamatan dalam bentuk Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan;
  5. memfasilitasi, menyiapkan bahan perumusan standarisasi kebijakan bangunan kantor kecamatan dan kelurahan;
  6. memfasilitasi, menyiapkan bahan perumusan kebijakan lembaga kemasyarakatan di Kecamatan dan Kelurahan;
  7. memfasilitasi dan melaksanakan pembinaan pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban aparatur di kecamatan dan kelurahan;
  8. memfasilitasi, menganalisa, menginventarisasi perumusan kebijakan pedoman batas kecamatan dan kelurahan;
  9. melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dalam bentuk rapat kerja aparatur kecamatan dan kelurahan;
  10. memfasilitasi, menyiapkan, mengevaluasi, dan melaksanakan pembinaan pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban kecamatan dan kelurahan;
  11. memfasilitasi, menyiapkan, menyusun dan mengevaluasi pedoman pengembangan, pemekaran, penggabungan dan penghapusan kecamatan dan kelurahan;
  12. memfasilitasi,   menyiapkan,   menyusun,   mengevaluasi  dan   melaksanakan pembinaan pedoman pelaporan rutin administrasi penyelenggaraan pemerintahan umum di kecamatan dan kelurahan;
  13. memfasilitasi, menyiapkan, menyusun, mengevaluasi dan melaksanakan pembinaan pedoman    pelaporan rutin administrasi penyelenggaraan pemerintahan atributif di kecamatan dan kelurahan;
  14. memfasilitasi, menyiapkan, menyusun, mengevaluasi dan melaksanakan pembinaan pedoman    pelaporan rutin administrasi penyelenggaraan pendelegasian sebagian kewenangan Bupati kepada Camat di kecamatan;
  15. menghimpun dan mengevaluasi serah terimajabatan Camat dan lurah;
  16. menghimpun dan mengevaluasi perkembangan lembaga pemerintah kecamatan dan kelurahan; dan
  17. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.