SOSIALISASI SOP DAN SPM

Untuk mewujudkan Birokrasi yang efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka perbaikan kinerja manajemen Pemerintah atau kualitas Pelayanan Publik adalah dengan memperbaiki proses penyelenggaraan administrasi Pemerintahan melalui penyusunan dan penerapan Standar Operasioanl Prosedur (SOP).

SOP sendiri merupakan serangkaian petunjuk tertulis yang dibakukan mengenai proses penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintah Daerah.

Tujuan SOP adalah untuk mendorong pengendalian dan jaminan kualitas proses dalam organisasi dan menjamin kepatuhan terhadap peraturan perundangan, dan menciptaan komitmen mengenai apa yang dikerjakan oleh satuan unit kerja instansi pemerintahan untuk mewujudkan Good Governance.

SOP melingkupi seluruh proses penyelenggaraan administrasi Pemerintahan termasuk pemberian pelayanan baik pelayanan internal maupun eksternal yang dilaksanakan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Standar Pelayanan Minimal (SPM) merupakan suatu tolak ukur Pelayanan Publik yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari penyelenggara layanan atau Pemerintah kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang prima, namun dalam penerapan dan perkembangannya yaitu minimnya pemahaman Aparatur pelaksana SPM.

Sosialisasi SOP dan SPM sangat penting, karena semakin hari Teknologi semakin berkembang, tentunya peningkatan dalam Pelayanan Publik perlu mendapat prioritas dan penanganan secara serius guna mewujudkan Pelayanan Publik yang prima, maka pelaporan SOP dan SPM per smester maupun tahunan yang disampaikan ke Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur maupun pelaporan kepada Mendagri merupakan hal penting yang harus dilaksanakan oleh OPD pelaksana SOP dan SPM di Daerah khususnya di Kab. Lamongan.

Dengan diselenggarakannya Sosialisasi penyusunan SOP dan SPM di lingkungan Pemerintah Kab. Lamongan diharapkan kualitas Pelayanan Publik yang diberikan Pemerintah Kab. Lamongan kepada Masyarakat lebih meningkat sehingga baik secara langsung ataupun tidak langsung akan mampu meningkatkan akuntabilitas Pemerintah kepada Masyarakat.

EVALUASI LKjIP DAN SAKIP

Sebagai upaya untuk meningkatkan wawwasan dan pemahaman terhadap SAKIP ( Sistem  Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) seluruh  Organisasi Perangkat Daerah Kab. Lamongan memaparkan SAKIP dan LKjIP dihadapan Bpk. Bupati Lamongan yang bertempat di Guest House Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan. Yang bertujuan untuk menyelaraskan Program dan kegiatan Perangkat Daerah terhadap Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran sesuai RPJMD Kab. Lamogan 2016.2021.

sedangkan untuk hasil Evaluasi SAKIP dapat digunakan untuk mengevaluasi efisiensi dan efektivitas program dan kegiatan serta menigkatkan kinerja Aparatur Perangkat daerah.

DAFTAR PERDA DAN PERBUP ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

 

INVENTARISASI : DATA PERDA DAN PERBUP TERKAIT DENGAN KELEMBAGAAN

       PERNAGKAT DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

No

PERDA

NO/TAHUN

TENTANG NO PERBUP

NO/TAHUN

TENTANG

1

2 3 4 5

6

1

5 / 2016 – Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lamongan 1 54 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Staf Ahli Kabupaten Lamongan
2 55 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Lamongan
3 56 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Inspektorat Kabupaten Lamongan
4 57 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan
5 58 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan
6 59 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja DPU Bina Marga Kabupaten Lamongan
7 60 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja DPU Sumber Daya Air  Kabupaten Lamongan
8 61 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman  Kabupaten Lamongan
9 62 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Sosial  Kabupaten Lamongan
10 63 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Spil Kabupaten Lamongan
11 64 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan
12 65 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan
13 66 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan
14 67 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Kabupaten Lamongan

15 68 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan
16 69 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perikanan  Kabupaten Lamongan
17 70 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan  Kabupaten Lamongan
18 71 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lamongan
19 72 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Tenaga Kerja  Kabupaten Lamongan
20 73 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan
21 74 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan
22 75 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lamongan
23 76 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan
24 77 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan
25 78 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan
26 79 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan
27 80 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lamongan
28 81 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan
29 82 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lamongan
30 83 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lamongan
31 84 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan
32 85 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lamongan
33 86 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Kepegawaian Daerah  Kabupaten Lamongan
34 87 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Lamongan
35 88 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan Kabupaten Lamongan
36 92 / 2016 –   Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kelurahan Kabupaten Lamongan

2

4 / 2008 – Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Teknis Kabupaten Lamongan 37 53 / 2008 –   Kedudukan, Tugas Dan Fungsi RSUD Dr. Soegiri Kab. Lamongan

3

1 / 2010 –  Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Lain Kabupaten Lamongan 38 27 / 2010 –   Kedudukan, Tugas Dan fungsi Badan Peanggulangan Bencana Daerah        Kab. Lamongan

4

2 / 2011 – Perubahan Atas Perda Kab. Lamongan No 4 tahun 2008 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Tenis             Kab. Lamongan 39 27 / 2011 –   Kedudukan, Tugas Dan Fungsi Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik                    Kab. Lamongan
40 28 / 2011 –   Kedudukan, Tugas Dan Fungsi RSUD Ngimbang Kab. Lamongan
     

PERUBAHAN KLB PERANGKAT DAERAH

2016

 

Bahwa Untu Melaksanakan ketentuan Pasal 232 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerinatahan, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Perangkat Daerah.

Pada tanggal 19 Juni 2016 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah diundangkan, sehingga Daerah perlu merubah Perangkat Daerah yakni dengan prinsip tepat fungsi dan tepat ukuran (rightsizing) berdasarkan beban kerja yang sesuai dengan kondisi nyata di masing-masing Daerah, hal ini juga sejalan dengan prinsip penataan organisasi Perangkat Daerah yang rasional, proporsional, efektif dan efisien.

Dalam rangka mewujudkan pembentukan Perangkat Daerah sesuai dengan prinsip desain organisasi, Pembentukan Perangkat Daerah yang diatur dalam Peratruran Pemerintah ini didasrkan pada asas efisiensi, efektivitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, tata kerja yang jelas, fleksibilitas, Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah, dan intensitas Urusan Pemerintahan dan potensi Daerah.

Di Kab. Lamongan sendiri setelah beberapa kali di bahas dalam rapat Tim Teknis Otoda dengan SKPD Terkait Alhamdulillah perubahan Perangkat Daerah sudah di tuangkan dalam Raperda Kab. Lamongan dan sudah dibahas di DPRD Kab. Lamongan.

HARI KARTINI

oyi

Pada Setiap tanggal 21 April semua Ibu karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan di wajibkan memakai Kebaya tradisional untuk memperingati hari Kartini, semoga dengan semangat hari kartini karyawati dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan bisa mewujudkan cita-cita Ibu Kartini serta semangat Kartini selalu berada di diri Karyawati Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam melaksanakan pekerjaan untuk mewujudkan Visi Misi Kab. Lamongan sehingga menjadikan Kab. lamongan yang semakin maju.

LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2016

Bersama ini disampaikan dengan hormat Keputusan Bersama Menteri Agama,

Menteri Ketenaga Kerjaan,  Dan Menteri Pendayagunaan Aparatur  Negara , Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia,

Nomor  : 150 Tahun 2015

Nomor  : 2/SKB/MEN/VI/2015

Nomor : 01 Tahun 2015

tentang

Hari Libur Nasional  dan Cuti Bersama Tahun 2015 sebagai berikut :

HARI LIBUR NASIONAL TAHUN 2016

NO TANGGAL HARI KETERANGAN
1 1 Januari Jumat Tahun Baru 2016 Masehi
2 8 Februari Senin Tahun Baru Imlek 2567 Kongzili
3 9 Maret Rabu Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938
4 25 Maret Jumat Wafat Isa Al-Masih
5 1 Mei Minggu Hari Buruh Internasional
6 5 Mei Kamis Kenaikan Yesus Kristus
7 6 Mei Jumat Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW
8 22 Mei Minggu Hari Raya  Waisak 2560
9 6 dan 7 Juli Rabu dan kamis Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah
10 17 Agustus Rabu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
11 12 September Senin Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah
12 2 Oktober Minggu Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah
13 12 Desember Senin Maulid Nabi Muhammad SAW
14 25 Desember Minggu Hari Raya Natal

CUTI BERSAMA TAHUN 2016

NO TANGGAL HARI KETERANGAN
1 4,5 dan 8 Juli Senin, Selasa dan Jumat Hari raya Idul Fitri 1437 Hijriyah
2 26 Desember Senin Hari Raya Natal

Terhadap Keputusan Bersama Tiga Menteri dimaksud, agar dijadikan

sebagai pedoman dalam rangka efisiensi dan efektifitas hari kerja

utamanya bagi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah

 Kab. Lamongan.

JADWAL JAM KERJA BULAN RAMADHAN 1436H/2015 M

 

Berdasarkan surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tanggal 29 Mei 2015 Nomor 04 Tahun 2015 Perihal Penetapan Jam Kerja ASN, TNI dan POLRI  bulan Ramadhan.

Sehubungan hal tersebut bersama ini disampaikan dengan hormat, bahwa jadwal jam kerja selama  Bulan Ramadhan 1436 H/ 2015 M di Lingkungan Pemerintah Kab. Lamongan  sebagai berikut :

1.  a). Hari Senin s.d Kamis                 : Pukul 07.30 s.d 14.30 WIB

b). Hari Jumat                                 : Pukul 07.30 s.d 11.00 WIB

Senam Kesegaran Jasmani       : Pukul 06.00 s.d selesai

  1. Jadwal Jam Kerja bagi Unit Kerja/ Satuan Organisasi yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat/ yang mencakup masyarakat luas seperti Rumah Sakit, Puskesmas, PDAM, Pemadam Kebakaran, Perhubungan dan Unit Pelayanan lain yang sejenis, pengaturan penugasan   karyawan  dan   karyawatinya  diserahkan   kepada  Unit   Kerja masing-masing.
  1. Jam Kerja Lembaga Pendidikan SD/ MI, SLTP, SLTA/ SMK diatur oleh Dinas Pendidikan Kab. Lamongan.

Demikian untuk menjadi perhatian dan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

LIBUR NASONAL DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2015

Bersama ini disampaikan dengan hormat Keputusan Bersama Menteri Agama, 

Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi dan Menteri Pendayagunaan 

Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, 

Nomor 05 Tahun 2014, Nomor : 3/SKB/MEN/V/2014 dan

 Nomor : 02/SKB/MENPAN/V/2014 tentang Hari Libur Nasional 

dan Cuti Bersama Tahun 2015 sebagai berikut :

 

HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2015

 

A. HARI LIBUR NASIONAL TAHUN 2015

NO

TANGGAL

HARI

KETERANGAN

1

1 Januari

Kamis

Tahun Baru 2015

2

3 Januari

Sabtu

Maulid Nabi Muhammad SAW

3

19 Februari

Kamis

Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili

4

21 Maret 

Sabtu 

Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937

5

3 April

Jum’at

Wafat Isa Almasih

6

1 Mei

Jum’at

Hari Buruh Nasional

7

14 Mei

Kamis

Kenaikan Yesus Kristus

8

16 Mei 

Sabtu

Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW

9

2 Juni

Selasa 

Hari Raya Waisak 2559

10

17-18 Juli

Jum’at-

Sabtu

Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah

11

17 Agustus

Senin

Hari Kemerdekaan RI

12

24 September

Kamis

Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah

13

14 Oktober

Rabu

Tahun Bar 1437 Hijriyah

14

25 Desember

Jum’at

Hari Raya Natal

 

B. CUTI BERSAMA TAHUN 2015

NO

TANGGAL

HARI

KETERANGAN

1

16, 20 dan 21 Juli

Kamis, Senin dan Selasa

Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah

2

24 Desember

Kamis

Hari Raya Natal

 

Terhadap Keputusan Bersama Tiga Menteri dimaksud, agar dijadikan

 sebagai pedoman dalam rangka efisiensi dan efektifitas hari kerja

 utamanya bagi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah

 Kab. Lamongan.

 

Demikian untuk djadikan perhatian dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

PISAH KENAL KABAG ORGANISASI

Pisah Kenal

Sebagai penutup Tahun 2014 Kab. Lamongan melakukan Penyegaran dalam meningkatkan roda kinerja Pemerintahan di segala bidang dengan melakukan Mutasi Pejabat struktural Eselon II, III dan IV. 

Penyegaran itu sendiri menjadi hal yang wajar di lakukan di setiap instansi pemerintah jadi Penyegaran tersebut bukan karena suatu hal melainkan murni untuk meningkatkan kinerja pemerintahan, semoga dengan penyegaran tersebut Pemerintah Kab. Lamongan semakin berprestasi dan menjadi Kabupaten yang disegani khususnya di Provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan kali ini Bagian Organisasi kembali mendapat Kepala Bagian yang baru yang sebelumnya di Jabat oleh Bpk. Drs. GUNADI, S.sos, M.Si. Di gantikan oleh Bpk. Drs. Setyo Basuki, MH.

Bpk. Drs. GUNADI, S.Sos. M.Si. promosi menjadi Kepala Dinas KOPINDAG Kab. Lamongan sedangkan Bpk. Setyo Basuki, MH. sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas KOPINDAG Kab. Lamongan.

Pada Hari Selasa, tanggal 6 Januari 2015 Bagian Organisasi melaksanakan Pisah Kenal Kepala Bagian yang baru, terselip harapan dan doa untuk Kepala Bagian yang Lama maupun yang baru semoga semakin sukses dan berprestasi di tempat yang baru…Amiin…