Enter your keyword

post

Canangkan 1 Desa 1 Taman Posyandu

posyandu1

Ketua Tim Penggerak PKK Lamongan Mahdumah Fadeli mencanangkan pendirian minimal 1 Taman Posyandu di setiap desa dan kelurahan. Hal itu disampaikannya saat Revitalisasi Posyandu dan Pelatihan Taman Posyandu bagi Kader Desa dan Kecamatan se Kabupaten Lamongan di Pendopo Lokatantra, Kamis (19/06).

“Saat ini di Kabupaten Lamongan terdapat 1.735 Posyandu. Sedangkan pada tahun 2013 lalu baru terdapat 402 Taman Posyandu. Pada tahun 2014 ini ditargetkan tiap desa dan kelurahan minimal memiliki 1 Taman Posyandu. Sehingga setidaknya di akhir tahun nanti ada 474 Taman Posyandu di Kabupaten Lamongan,” ungkap Mahdumah Fadeli.

Disampaikan olehnya, Taman Posyandu sendiri adalah pengembangan peran Posyandu yang sebelumnya hanya pada kesehatan anak usia balita. Yakni dengan mengintegrasikan pelayanan kesehatan tersebut dengan pendidikan balita yang disesuaikan dengan usianya.

Dia juga menyampaikan, latar belakang pendirian Taman Posyandu adalah berdasar kajian ilmiah dan fakta sosial. Terutama terkait usia emas perkembangan anak baik kecerdasan maupun kecakapan psikis yang terjadi pada usia dini

“Pada saat usia dini, merupakan masa pembentukan dasar-dasar kepribadian dan karakter yang sulit dirubah saat dewasa. Selain itu penelitian juga menyebutkan bahwa puncak kecerdasan sebesar 50 persen terjadi saat anak berusia 0-4 tahun, 30 persen saat usia 4-8 tahun dan 20 persen saat 8-18 tahun. Sehingga pendidikan anak usia dini sangatlah penting, “ tandas dia.

Dalam acara tersebut juga kembali disampaikan akan adanya kendaraan operasional berupa sepeda ontel untuk 1.735 posyandu yang ada. Juga bakal diberikannya bantuan insentif sebesar Rp. 100.000 kepada setiap kader posyandu.

Acara yang dihadiri oleh 189 peserta dari Ketua PKK Kecamatan beserta kader posyandu dari masing-masing kecamatan ini mendatangkan sejumlah narasumber dari Tim Pembina Posyandu. Yakni dari Dinas Kesehatan dengan materi pengembangan posyandu, Dinas Pendidikan dengan materi keterkaitan posyandu dengan PAUD, BPPKB dengan materi pembinaan ketahanan keluarga, Bapemas dengan materi kelembagaan taman posyandu, dan dari PKK dengan materi format taman posyandu.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.