Masih dalam rangka maulid nabi Muhammad serta peringatan Hari Pahlawan, Pemkab bersama jajaran Forkopimda Lamongan menggelar acara Khotmil Qur’an secara serentak, Selasa (10/11). Diikuti secara virtual melalui aplikasi zoom meeting maupun live streaming youtube, Khotmil Qur’an ini pun berjalan dengan khusyu’ dan khidmat.

Dalam sambutannya, Bupati Lamongan Fadeli menyampaikan bahwa jumlah yang terdaftar mengikuti acara ini sebesar 3.412, yang terdiri dari masjid-masjid, musholla, lembaga dan sekolah-sekolah mulai PAUD baik swasta maupun negeri, pondok pesantren, OPD, dan kantor-kantor kecamatan di Lamongan. Selain itu, masyarakat secara luas juga dapat mengikuti secara virtual live streaming.

“Khotmil Qur’an ini penting untuk terus kita budayakan, dimulai dalam berbagai momen peringatan di Hari Jadi Lamongan, Hari Bhayangkara, Ulang Tahun TNI, dan saat ini dalam rangka maulid nabi Muhammad saw. serta memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020,” ucap Fadeli.

Dengan harapan agar mampu menjadi do’a mustajabah untuk Lamongan yang kondusif, Khotmil Qur’an ini diselenggarakan dengan membaca (bin nadhor), menghafal (bil ghoib), dan menyimak (mustamik).

“Perjuangan kita belum selesai, kita harus berjuang meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Semoga dengan Khotmil Qur’an membawa kita semua menuju kehidupan normal baru yang produktif tapi aman,” tambah Bupati Lamongan.

Disiarkan langsung dari Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, acara dibuka dengan pembacaan Ummul Qur’an dan berlanjut dengan pelaksanaan ziarah serta upacara penghormatan di Taman Makam Pahlawan Lamongan. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi terhadap besarnya jasa pejuang veteran, Bupati Lamongan juga memberikan santunan kepada 72 pejuang veteran Lamongan.