Selasa, 15 September 2020, diadakan Rapat Kelompok Kerja (POKJA) Kampung KB. Rapat dimulai dengan dibuka oleh Kepala Desa Moyang Kecamatan Karangbinangun.

Selanjutnya Koordinator wilayah Balai Penyuluh Dinas PP dan KB di Kecamatan Karangbinangun menyatakan bahwa Kampung KB merupakan Program Nasional, Kampung KB tidak hanya seputar Alat Kontrasepsi atau terkait dengan Akseptor KB, tetapi lebih luas yaitu menyangkut pemberdayaan keluarga, dimulai dari masa kehamilan, peningkatan kualitas keluarga, pembinaan ketahanan keluarga seperti, BKB, BKR, BKL, PIK R/M. kerjasama lintas sektor misal pelaksanaan dan puskesmas melalui PUSYANDU.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan Kampung KB yang lain adalah mini lokakarya, peningkatan peran kader meliputi peningkatan Kesertaan Ber-KB, BKB, PIK R/M. Melaksanakan pembinaan remaja melalui jalur sekolah yaitu dengan program GENRE.

Pada kesempatan ini hadir pula perwakilan Camat, Komandan Koramil dan Kapolsek Karangbinangun.

Kampung KB desa Monyang merupakan Kampung KB tangguh, yaitu disamping penanganan program-program BANGGA KENCANA (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencan) juga penanganan pencegahan COVID-19.

Pada kelompok tersebut Kapolsek Karangbinangun menyampaikan bahwa COVID-19 belom ada Vaksin. pemerintah berupaya untuk melakukan berbagai upaya untuk menekan penyerbaran COVID-19. Dibutuhkan kesadaran tinggi masyarakat, untuk tetap menjaga diri agar penyebaran COVID-19 bisa ditekan.

Selain itu untuk menegakkan disiplin masyarakat, telah dilakukan operasi penggunaan masker sebagai upaya pendisiplinan masyarakat dalam pencegahan COVID-19

Terakhir pada Pokja kampung KB diberikan materi dari Dinas PPKB, dijelaskan bahwa Dinas PPKB hanya memberikan Fasilitas, Untuk pemenfaatan dan kemajuan Kampung KB menjadi tanggung jawab desa, dengan pembinaan dari penyuluh KB setempat. Berkembang atau tidaknya Kampung KB tergantung pada kreativitas dan inovasi dari pengurus Pokja dan Desa. Ditegaskan bahwa desa harus bisa menggali potensi yang ada, sehingga dapat menghasilkan pendapatan desa.