Yohan Firmansyah – Selasa, 15 September 2020

Lamongan – Pemerintah Kabupaten Lamongan gelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid 19 dan sidang ditempat bagi pelanggar Protokol Kesehatan Covid 19. Operasi ini digelar pada hari Selasa (15/09/2020) pukul 09.00 WIB di depan Masjid Namira Lamongan atau Jalan Raya Lamongan-Mantup, dengan sasaran pengendara yang tidak memakai masker.

Satpol PP Lamongan, Polres Lamongan, Pengadilan Negeri Lamongan dan instansi terkait, bersama melaksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid 19 di wilayah Tikung Lamongan.

Dalam kesempatan hari ini, Tim Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid 19 berhasil menjaring 10 orang yang tidak menggunakan masker dan langsung disidang saat itu juga.

Suparjono, selaku Kepala Seksi Penyidikan Satpol PP Lamongan mengatakan, “Operasi ini tidak hanya dilakukan di kota saja, namun kami akan melakukannya juga di kecamatan maupun desa.”

“Kami berharap dengan adanya Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid 19, masyarakat bisa lebih menyadari bahaya covid 19 dan pentingnya mematuhi protokol kesehatan.” Tambah Suparjono.

Sesuai Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 53 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. Serta Peraturan Bupati Lamongan Nomor 35 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Lamongan Nomor 28 tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19.

Adapun sanksi bagi para pelanggar dikenai denda Rp. 250 ribu bagi perorangan, sedangkan untuk Badan Usaha akan dikenai denda sebesar Rp. 500 ribu sampai dengan Rp. 25 juta. (yf)