Lamongan kembali memiliki destinasi wisata baru. Diantara deretan wisata di Kabupaten Lamongan, Sendang Bawono adalah salah satu destinasi wisata baru yang merupakan hasil bentukan dari Pemerintah Desa.
Sendang Bawono yang terletak di Desa Deketagung Kecamatan Sugio telah melakukan soft launching yang secara langsung diresmikan oleh Bupati Lamongan, Fadeli pada Kamis (3/9).


Menurut Mujiono, Kepala Desa Deketagung, peresmian wisata ini dianggap sakral karena Sendang Bawono  merupakan destina wisata pertama, bahkan satu-satunya yang dimiliki dan dikelola langsung oleh desa.
Bupati Fadeli mengapresiasi usaha pemerintah desa Sendangagung dalam memakmurkan masyarakatnya.¬†“Inovasi yang seperti ini perlu kita dukung. Kita support desa-desa yang memiliki potensi. Jika ini ingin maju, perlu adanya gotong-royong dan kerjasama dari berbagai pihak,” ungkap Fadeli.


Berada pada masa pandemi, Bupati Lamongan menghimbau agar setiap tempat wisata menerapkan protokol kesehatan dan menjadi wisata tangguh. Fadeli juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, serta menjadikan budaya 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Mrnjaga jarak) sebagai budaya yang tidak boleh ditinggalkan dalam kehidupan normal baru.


Soft launching Sendang Bawono ditandai dengan pemotongan pita, pembagian bantuan masker, penandatanganan prasasti, serta pemotongan tumpeng. Selain itu, dalam acara turut hadir pula peserta karnaval tertua berusia sekitar 80 tahun (Mbah Na).


“Terimakasih atas kerjasamanya membangun desa, upaya yang kita lakukan ini adalah untuk memakmurkan masyarakat Desa Deketagung. Sukses bagi warga Deketagung,” tambah Bupati Lamongan.