Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan mengkampanyekan semangat menuju “Lamongan Sehat” ditengah masih maraknya penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Pemkab Lamongan tidak henti-hentinya mengupayakan agar Lamongan sehat,” kata Bupati Lamongan Fadeli, di momen Minggu Ceria (mince) dalam Car Free Day (CFD) di Alun-Alun Kota Lamongan, Minggu, (8/3/2020).

Namun, ditegaskan Fadeli, kampanye Lamongan Sehat tidak hanya karena deraan virus Corona yang sedang melanda dunia saat ini. Tetapi, merupakan ajakan ke masyarakat Lamongan untuk hidup sehat, salah satunya dengan membiasakan diri mencuci tangan.

“Jangan terfokus virus Corona, kita biasakan saja cuci tangan, kalau cuci tangan sudah bagus InsyaAlloh kita sudah sehat,” ujar Fadeli.

Sosialisasi untuk membiasakan cuci tangan ini pun diwujudkan dalam gerakan cuci tangan seusai jalan sehat keliling Alun-Alun Kota Lamongan, senam bersama, Bupati Lamongan Fadeli beserta seluruh jajaran Forkopimda, para kepala OPD, dan masyarakat umum.

“Sekaligus sosialisasi untuk hidup sehat, ada lomba cuci tangan, ada 6 langkah cuci tangan, yang terbaik akan dpt hadiah dr pak Kapolres Lamongan (AKBP Harun),” ucapnya.

Selain ajakan untuk membiasakan cuci tangan, Fadeli juga mengajak warga Lamongan membiasakan dengan minum jamu. Bahkan CFD di Alun-Alun Kota Lamongan masyarakat menikmati jamu secara gratis.

“Minum jamu tradisional, jamu gendong, banyak himbauan bugar dengan jamu, gemar minum jamu tangkal Corona,” tutur Fadeli.

Program Pemkab Lamongan melalui “Menuju Lamongan Sehat” ini menunjukkan komitmen tinggi Pemkab Lamongan dalam mengajak warga Lamongan untuk membiasakan diri hidup sehat. Program “Menuju Lamongan Sehat” sebagai upaya berupaya untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat, meningkatkan pengendalian penyakit menular dan tidak menular.