Bupati Lamongan Fadeli mengajak semua masyarakat Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, untuk ikut serta dalam mensukseskan Sensus Penduduk Online (SPO) 2020.

Seraya menggunakan telepon genggam atau gadget Fadeli menunjukkan ke warga Lamongan bahwa dirinya telah melakukan pengisian data (SPO) 2020.

“Kita menunjukkan bahwa saya sudah melakukan pengisian secara online,” ujar Fadeli Didampingi Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Lamongan, Ellyn Tambarnita Brahmana, Forkopimda, dan Kepala OPD, di momen Minggu Ceria (mince) di Alun-Alun Kota Lamongan, Minggu, (8/3/2020).

Apa yang dicontohkan Fadeli ini adalah untuk menggugah atau meningkatkan partisipasi masyarakat Lamongan agar ikut serta mengisi data secara daring atau online. Fadeli menegaskan, seluruh masyarakat dimulai dari ASN, anggota TNI-POLRI juga diminta untuk mencontohkan cara mengisi data sensus penduduk secara online.

“Saya minta para ASN dulu memberikan contoh, nanti ditindaklanjuti sama semua anggota TNI-POLRI, tentunya seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan,” tuturnya.

Sebab, SPO 2020 online dengan memakai sistem daring memang baru pertama kali dilakukan oleh BPS dalam melakukan sensus penduduk. “Sensus penduduk itu sangat penting, sekarang di rumah saja sudah bisa, saya memberikan contoh,” katanya.

Untuk sekadar diketahui, dari brosur yang diedarkan BPS Kabupaten Lamongan, SPO 2020 sudah dimulai sejak 15 Februari lalu dan akan berakhir pada 31 Maret mendatang.

Diketahui pula, mulai tahun ini pendataan dilakukan dengan metode kombinasi. Pertama adalah pengisian secara mandiri dan online, sehingga pendataan akan berjalan efektif dan efisien, karena masyarakat yang dapat melakukan pengisian data dimana saja dan kapan saja melalui gadget masing-masing.

Kedua adalah sensus wawancara yang akan dilaksanakan mulai bulan juli nanti. Namun begitu tetap dianjurkan untuk melakukan pengisian data secara online. Sebab, semakin cepat data terisi, akan membantu backup data pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan, seperti pendidikan, pangan, kesehatan dan lain-lainnya.

Namun, bagi masyarakat yang belum terdata dan yang masih memiliki keterbatasan secara informasi dan teknologi akan didata secara manual oleh BPS Lamongan mulai Juli nanti mendatang.

Bagi masyarakat Lamongan yang akan melakukan SPO 2020, langkah pertama yang dilakukan adalah membuka aplikasi browser pada perangkat telepon genggam, tablet laptop, atau komputer, dan berbekal KTP, KK atau akta nikah kemudian lakukan pengisian data sesuai dengan yang ditentukan.

“Seluruh masyarakat bisa berpartisipasi dalam sensus penduduk online dengan klik sensus.bps.go.id. Login menggunakan NIK dan nomor KK,” kata Kepala Kantor BPS Lamongan, Ellyn Tambarnita Brahmana.